Terhindar dari Tilang Ini Tips Modifikasi Motor Matic

Pengguna kendaraan roda dua pasti sudah sering melihat banyak motor yang dilakukan modifikasi. Tujuan dari modifikasi motor sendiri berbeda-beda, ada yang memang ingin membuat motor agar terlihat lebih keren atau juga demi kenyamanan. Tapi, tetap saja harus memahami aturan modifikasi motor aman kena tilang, termasuk untuk motor matic. Ada beberapa tips yang dapat membantu Anda agar modifikasi motor matic tetap aman dari tilang.
 
Terhindar dari Tilang Ini Tips Modifikasi Motor Matic

Motor matic tidak banyak perbedaan dengan motor lainnya, termasuk dalam urusan modifikasinya. Di mana ada beberapa hal yang harus Anda hindari agar motor tidak kena tilang meski telah mengalami modifikasi. Di bawah ini adalah beberapa tips modifikasi khusus motor matic yang jelas aman dari tilang:
 

Kapasitas Mesin Jangan Diubah


Tips pertama adalah jangan sampai Anda mengubah kapasitas mesin motor matic. Anda harus tahu bahwa ada aturan jelas yang mengatur akan masalah kapasitas mesin. Di mana keterangannya sudah tertera jelas dalam surat kendaraan. Apabila Anda nekat melakukannya, pasti akan kena tilang.

Pada dasarnya motor yang digunakan harus memiliki kriteria yang sama dengan surat kendaraan yang dimiliki. Jika berbeda, sudah pasti akan dikenakan tilang dan paling buruk adalah kena denda hingga motor disita. Termasuk dalam mengganti kapasitas mesin yang jelas dilarang dan tidak sesuai dengan kriteria dari motor matic yang digunakan.
 

Ikuti Prosedur Penggantian Warna Motor


Mungkin Anda tidak puas dengan warna motor matic yang dimiliki dan memiliki keinginan untuk menggantinya. Tapi, jangan asal saja saat mengganti warna motor matic kesayangannya. Seperti yang sudah disebutkan bahwa kriteria motor harus sesuai dengan keterangan yang ada di STNK, termasuk warnanya.

Bila di dalam STNK tertera warna hitam, maka motor harus berwarna hitam. Apabila Anda ingin menggantinya, maka harus mengikuti prosedur yang berlaku, yaitu mengganti keterangan warna pada suratnya. Anda hanya perlu membawa surat dari bengkel dan surat pelengkap lainnya ke Samsat untuk mendapatkan STNK baru yang sesuai.
 

Menggunakan Plat yang Berbeda


Untuk kasus yang satu ini sendiri juga banyak diabaikan para biker ketika ingin melakukan modifikasi motor. Terkadang mereka ingin memiliki plat nomor kendaraan yang unik tapi dengan prosedur yang salah. Perlu Anda tahu melakukan penggantian plat motor yang berbeda dengan STNK bisa dikenakan hukuman pidana. Jadi, jangan pernah berpikir untuk mengganti plat nomor tanpa melalui prosedur resmi.

Dengan melihat tips di atas, maka Anda bisa melakukan modif motor matic tanpa banyak masalah dan jelas tidak akan kena tilang. Agar Anda tidak salah dalam melakukan modifikasi motor, maka Suryanation adalah komunitas yang bisa diikuti. Ada banyak sekali informasi yang berhubungan dengan modifikasi motor dan jelas berguna sekali untuk Anda.

Posting Komentar

Halaman

Copyright © 2021

Teknologi Gue Nih