6 Tools Riset Produk pada Marketplace

Untuk meningkatkan penjualan di marketplace, Anda perlu memaksimalkan semua potensi yang ada. Memaksimalkan potensi tersebut termasuk memanfaatkan berbagai tools seperti omnichannel platform.

Jika Anda bergelut di ranah marketplace, tools riset marketplace menjadi amunisi wajib yang perlu Anda miliki. Tentu, Anda akan perlu melakukan riset untuk mengetahui berbagai hal termasuk produk terlaris, tren produk potensial, dan banyak lainnya.

Apa itu Omnichanel Platform ?


Omnichannel platform merupakan tools yang memanfaatkan semua jenis saluran pemasaran untuk menciptakan pengalaman terpadu dan pelanggan dari titik kontak pertama hingga terakhir.

Intinya, saluran ini akan mampu menciptakan pengalaman pelanggan dan memberikan kemudahan bagi para penjual. Omnichannel conversation platform misalnya, mampu menciptakan percakapan yang dikustomisasi agar pelanggan merasa lebih dekat dengan penjual.

Sementara omnichannel retail commerce platform market analysis akan memudahkan penjual berinteraksi dengan beberapa pelanggan di beberapa saluran penjualan secara bersamaan. 

Kemudahan ini tentu akan memberikan pengalaman yang lebih baik kepada pelanggan yang membantu membangun hubungan jangka panjang antara pembeli dan penjual.

Rekomendasi Tools Riset Marketplace


Rekomendasi Tools Riset Marketplace

Selain omnichannel, Anda bisa menggunakan tools riset marketplace untuk melakukan analisa mendalam terhadap produk kompetitor, dan hal lain untuk mendongkrak penjualan. Beberapa tools yang bisa membantu Anda, diantaranya adalah :

1. Risetic


Ini adalah tools lokal buatan anak bangsa untuk memudahkan Anda melakukan analisa produk di Marketplace. Tak hanya sebagai cara riset produk di marketplace yang mudah, namun Risetic juga memudahkan Anda dalam urusan mengintai kompetitor.

Secara spesifik, tools ini mampu menyortir produk dengan berdasarkan:

  • Kata kunci
  • Kategori
  • Harga
  • Penjualan minimum dalam waktu tertentu
  • Ulasan
  • Views
  • Konversi

2. Dimia


Dimia merupakan tools berbasis web yang membantu analisa menggunakan Digital Market Analytic Intelligence. Ini merupakan tools yang memudahkan cara riset produk laris di marketplace Anda yang telah banyak digunakan di Indonesia.

Cukup dengan memasukan nama sebuah produk, Dimia akan memunculkan hasil penelusuran produk terlaris di dua platform marketplace. Tak hanya itu, tools ini juga menjadi senjata yang ampuh untuk meningkatkan SEO website Anda.

3. Dropshipkit


Pada awalnya, tools ini banyak digunakan untuk kebutuhan scraping produk dan upload produk secara massal. Tapi pada perkembangannya, Dropshipkit telah mampu melakukan riset produk terlaris di marketplace. Sesuai namanya, tools ini cocok untuk Anda yang ingin memulai bisnis secara dropship.

4. The Market Beyond


Ini merupakan tools buatan luar negeri yang mumpuni. Market Beyond menawarkan analisis tren kategori produk paling beragam untuk berbagai marketplace.

Market Beyond menganalisis 10 juta produk, memberi Anda wawasan berharga tentang industri yang sedang tren dan produk-produk terlaris. Sebagai pemilik bisnis, Anda pasti ingin menargetkan pasar yang menguntungkan dan mudah ditemukan.

Solusi riset pasar yang ditawarkan tools ini membantu membedakan unit produk unik dalam stok dengan pelacakan inventaris dan ragam produk. Ada berbagai fitur yang disediakan seperti optimalisasi pemasaran produk, analisis kategori bertenaga AI, dan banyak lainnya.

5. Ubersuggest


Tools ini adalah proyek dari seorang ahli SEO bernama Neil Patel. Ubersuggest merupakan website yang dirancang untuk menemukan ide kata kunci dan mencari data tentang sebuah kata kunci.

Anda hanya tinggal memasukan kata kunci dan memilih lokasi. Tools ini bakal memberikan data lengkap yang Anda butuhkan seperti volume pencarian, CPC, dan website mana saja yang berada di peringkat teratas.

Dengan begitu, Anda bisa menganalisa produk yang akan Anda jual di marketplace. Seberapa besar potensi produk tersebut dan seberapa ketat persaingannya di luar marketplace.

6. Google Trend


Alat gratis milik Google ini juga bisa Anda manfaatkan untuk memaksimalkan penjualan. Google Trend menyajikan data kata kunci yang sedang trending beserta volume pencariannya. Dengan mengetahui kata kunci yang sedang trending, Anda dapat riding the wave dan menawarkan produk-produk yang relevan.

Pada akhirnya Anda dapat memilih salah satu dari enam tools riset marketplace diatas untuk kebutuhan bisnis Anda. Salah satu kunci utama dalam kesuksesan bisnis di marketplace adalah kecerdasan untuk menganalisa setiap peluang. Hal itu bisa Anda dapatkan melalui salah satu tools tersebut.

Posting Komentar

Halaman

Copyright © 2021

Teknologi Gue Nih