Rekomendasi Bootcamp Data Science

Bidang ilmu yang cukup populer di kalangan pebisnis dan banyak dicari oleh perusahaan adalah data science. Bagi sebuah bisnis, data merupakan salah satu modal penting dalam perkembangan bisnis karena dapat diolah dan dimanfaatkan untuk banyak hal.

Lowongan kerja untuk data science Indonesia sangat banyak mengingat pentingnya perannya dalam suatu perusahaan. Namun terdapat beberapa skill atau kemampuan yang harus dikuasai.

Jika Anda tertarik menjadi seorang data scientist, simak penjelasan di bawah ini untuk mengenal lebih jauh tentang bidang tersebut.

Apa itu Data Science


Suatu perusahaan pasti mengumpulkan berbagai macam data seperti informasi mengenai konsumen atau pelanggan, informasi produk, dan sebagainya. Data dapat berupa teks, foto atau gambar, hingga video dan audio.

Data science berperan dalam mengumpulkan hingga mengolah data tersebut agar dapat digunakan untuk berbagai keperluan perusahaan.

Tidak sampai di situ, beberapa kegunaan data science misalnya adalah memprediksi perilaku konsumen, membagi klasifikasi produk, dapat memberikan rekomendasi produk favorit, hingga membantu perusahaan dalam mengambil keputusan.

Peran penting data scientist dalam perusahaan ini tidak lepas dari kemampuan yang harus dikuasai, seperti ilmu matematika dan statistik, hingga memahami bahasa pemrograman.

Skill yang Harus Dimiliki Data Scientist


Skill yang Harus Dimiliki Data Scientist

Data yang dikumpulkan oleh perusahaan sangatlah banyak dengan berbagai macam jenis data yang berbeda. Untuk itu, Anda harus belajar big data dan bagaimana cara mengolahnya.

Berikut ini beberapa skill yang wajib Anda kuasai sebelum menjadi data scientist.

1. Wawasan Bisnis


Mengolah data perusahaan berarti Anda harus memahami bagaimana bisnis bekerja karena data yang Anda kumpulkan merupakan informasi yang dibutuhkan dalam perkembangan bisnis perusahaan.

Data scientist bertugas untuk membantu merancang strategi dan menyelesaikan permasalahan bisnis berdasarkan fakta yang dikumpulkan dan diolah tersebut.

2. Matematika dan Statistika


Data science sangat lekat dengan ilmu matematika dan statistika karena data yang dikumpulkan harus diolah secara kuantitatif. Contohnya, untuk membuat machine learning dibutuhkan pemahaman matematika secara mendalam.

3. Teknologi Informasi


Teknologi adalah bidang yang wajib dipahami dan dikuasai oleh seorang data scientist. Dalam pelaksanaannya, data scientist akan mengolah data dalam jumlah yang sangat besar dan rumit sehingga membutuhkan bantuan program komputer tertentu.

Data scientist harus bisa menguasai bahasa pemrograman untuk menggunakan perangkat lunak yang membantu dalam mengolah data seperti SQL, SAS, Phyton, Scala, dan sebagainya. Ini juga membutuhkan logika berpikir yang baik untuk memahami hasil data tersebut.

4. Analisis dan Visualisasi Data


Kemampuan menganalisis data sangat dibutuhkan seorang data scientist untuk dapat merancang pola data menjadi informasi yang berguna. Selanjutnya, kemampuan visualisasi data juga diperlukan untuk memudahkan orang lain memahami hasil olahan data Anda.

Beberapa alat visualisasi data yang populer digunakan oleh data scientist adalah Tableau, Datawrapper, dan Visme.

Jika Anda tertarik dengan data science atau ingin berganti bidang pekerjaan (career switch) namun sama sekali tidak memiliki dasar pengetahuan tentang data science, Anda bisa belajar melalui program bootcamp data science di Hacktiv8.

Rekomendasi Bootcamp Hacktiv8


Bootcamp merupakan program pelatihan yang dilakukan secara intensif dan dirancang khusus untuk menghasilkan profesional dalam berbagai bidang pada program tersebut.

Salah satu bidang yang populer adalah data science bootcamp. Di sana, Anda akan diajarkan berbagai ilmu, skill dan teknik penerapannya oleh instruktur profesional yang berpengalaman di bidangnya agar nantinya Anda dapat melamar pekerjaan di bidang tersebut.

Salah satu rekomendasi data science bootcamp yang dapat Anda ikuti adalah Hacktiv8. Terdapat enam pilar utama dalam program data science bootcamp oleh Hacktiv8 ini.

  1. Pengenalan data science dengan mempelajari perangkat lunak untuk analisis data seperti Phyton, Pandas, SQL, dan NumPy.
  2. Mendalami probabilitas, statistik, dan matematika untuk menarik kesimpulan dari data.
  3. Memperluas pengetahuan bisnis dengan pelatihan membuat strategi dan pengambilan keputusan melalui hasil olahan data.
  4. Membuat visualisasi data yang interaktif dengan belajar menggunakan Tableau dan Google Data Studio.
  5. Mempelajari machine learning.
  6. Belajar big data dengan mengasah kemampuan analisis big data dan melakukan praktek nyata dalam industri.

Program data science course tersebut akan dilaksanakan selama 12 minggu dengan bimbingan langsung dari ahli data profesional yang telah berpengalaman di bidangnya. Selain itu, Hacktiv8 juga akan membimbing Anda dalam mempersiapkan karir setelah latihan selesai.

Pendampingan karir akan diberikan mulai dari membuat CV dan resume, pelatihan interview, diskusi untuk melatih kerjasama tim, hingga memberikan kesempatan karir dengan menghubungan setiap lulusan program ke lebih dari 350 hiring partner.

Kemudahan lainnya yang bisa Anda dapatkan dengan mengikuti data science bootcamp di Hacktiv8 adalah metode pembayaran yang bermacam-macam. Anda bisa membayar program secara bertahap, cicilan 0%, hingga pembayaran setelah mendapatkan pekerjaan.

Apakah Anda makin tertarik? Jika Anda mencari program pelatihan data science yang terpercaya dan penuh manfaat dan kemudahan, segera cek situs resmi Hacktiv8 untuk informasi lebih lanjut.

Posting Komentar

Halaman

Copyright © 2021

Teknologi Gue Nih