9 Mata Uang Kripto yang Cocok untuk Investasi

Mata uang kripto (cryptocurrency) menjadi bentuk investasi yang makin populer belakangan ini. Ada banyak jenis mata uang digital yang diperkirakan akan terus positif hingga tahun-tahun ke depan.

Banyaknya koin kripto yang beredar membuat investor pemula kebingungan memilih yang terbaik. Artikel ini merangkum 9 cryptocurrency yang dianggap memiliki peluang untuk terus meroket dan cocok untuk investasi jangka panjang.

9 Mata Uang Kripto yang Bakal Menguntungkan untuk Investasi


Mata Uang Kripto yang Bakal Menguntungkan untuk Investasi

Di Indonesia, ada 229 mata uang kripto yang telah terdaftar secara resmi dan bisa diakses bebas. Namun, hanya ada beberapa jenis yang populer di kalangan investor, berikut adalah 9 mata uang yang digemari untuk investasi.

1. Bitcoin


Bitcoin (BTC) merupakan pelopor cryptocurrency dan menjadi yang terbesar hingga saat ini serta dianggap paling menjanjikan sebagai investasi jangka panjang. Bitcoin adalah mata uang kripto yang paling populer di dunia, termasuk di Indonesia.

Meski sempat diragukan, justru saat ini Bitcoin memiliki nilai tertinggi di antara uang kripto lainnya. Nilai Bitcoin terus menunjukkan peningkatan yang signifikan dari tahun ke tahun. Hingga April 2021, harganya menyentuh angka US$ 64.800 per keping, luar biasa!

Analis pasar memprediksi Bitcoin akan terus memiliki tren positif hingga beberapa tahun ke depan. Dengan nilai yang terus bertumbuh, tidak heran jika Bitcoin menjadi salah satu pilihan cryptocurrency terbaik untuk investasi.

2. Mata Uang Kripto, Ethereum


Setelah Bitcoin, Ethereum (ETH) menduduki posisi selanjutnya sebagai jenis mata uang kripto yang memiliki kapitalisasi pasar tinggi. Ethereum termasuk platform cryptocurrency dan blockchain tepercaya yang dikembangkan oleh banyak developer.

Ethereum merupakan platform untuk banyak cryptocurrency lainnya. Ia juga memiliki aplikasi potensial berupa kontrak pintar yang berjalan secara otomatis ketika kondisi terpenuhi dan Non Fungible Token (NFT).

Seperti Bitcoin, mata uang Ethereum juga mengalami pertumbuhan yang luar biasa. Pada April 2021, harganya telah menyentuh Rp 40 juta per keeping. Peningkatan nilai yang sangat positif ini menjadinya cryptocurrency terbaik untuk investasi.

3. Litecoin (LTC)


Litecoin merupakan uang digital yang memiliki dua indikator untuk bertransaksi, yaitu likuiditas tinggi dan kapitalisasi pasar yang cukup besar. Kedua indikator tersebut memungkinkan untuk melakukan banyak transaksi dan mendapat nilai terbaik.

Investor tak perlu repot melakukan penambangan untuk mendapatkannya, melainkan cukup dengan memanen. Waktu transaksi Litecoin juga cukup cepat dibanding jenis lainnya.

Litecoin merupakan mata uang digital peer-to-peer (P2P), yang mana tidak diatur oleh otoritas pusat dan tidak dinaungi pemerintah. Mata uang ini menawarkan pembayaran cepat, hampir bebas biaya, dan dapat dilakukan oleh siapapun di seluruh dunia.

Litecoin dapat digunakan individu maupun institusi untuk membeli barang dan mentransfer dana antar akun. Transaksi dilakukan tanpa perantara pihak lain seperti bank, perusahaan kartu kredit, atau layanan pembayaran lainnya.

4. NEM


NEM adalah blockchain “aset pintar” pertama di dunia yang menawarkan kemudahan pengelolaan aset dan data dan ringan dalam pembiayaan. Tidak sama dengan Bitcoin, mata uang NEM, yaitu XEM, tidak dapat ditambang, melainkan dipanen.

Karena teknologi efisien yang diusungnya, tenaga yang diperlukan untuk memanen sangat hemat. Tercatat, tenaga yang dibutuhkan 100 kali lebih sedikit dibanding cryptocurrency lainnya.

Hanya butuh waktu sekitar 6 detik bagi uang kripto ini untuk melakukan transaksi baru. Pengguna hanya menunggu selama 20 detik untuk mendapatkan konfirmasi keberhasilan transaksi.

5. Basic Attention Token (BAT)


BAT merupakan cryptocurrency berbasis Ethereum yang dikembangkan untuk transparasi industri iklan digital. Dikembangkan oleh Brave Brower, BAT menghubungkan penerbit, pengiklan dan pengguna secara menguntungkan.

BAT memberikan pendapatan bagi penerbit namun menerapkan biaya yang lebih murah bagi pengiklan. Sementara pengguna mendapat bagian dari token yang digunakan oleh pengiklan. Makin banyak informasi yang didapat dari, makin besar token yang diterima.

6. Binance Coin (BNB)


BNB dapat digunakan untuk berdagang dan membayar perdagangan dan transaksi dengan harga lebih rendah di Binance. Anda dapat menukarkannya dengan mata uang kripto lainnya seperti Bitcoin atau Ethereum.

7. Vidycoin


Koin digital didapatkan melalui platform Vidy.com, salah satunya dengan menonton tayangan iklan. Platform Vidy.com memiliki teknologi periklanan, The Video Layers for Ads, yang telah dimanfaatkan oleh banyak perusahaan.

Bonus bisa didapatkan melalui Reward City, sebuah kota virtual di mana Anda bisa bertransaksi untuk mendapatkan ReGas. Token ini bisa ditukar ke mata uang kripto, Vidycoin dan dipakai untuk hiburan, belanja, dan membeli properti digital.

8. Neo


Uang kripto Neo memiliki beberapa kesamaan dengan Ethereum. Salah satunya, memiliki aplikasi untuk pertukaran terdesentralisasi dan harga pasar. Penggunaan Neo banyak diterapkan untuk aplikasi blockchain, kontrak pintar, dan finansial.

9. Tron


Tron merupakan platform terdesentralisasi berbasis teknologi blockchain dengan sistem P2P untuk membangun sistem hiburan konten digital. Pengguna dapat membagikan konten untuk siapa saja dan kapan saja.

Meski menjanjikan keuntungan besar, investasi mata uang kripto tidak bisa dilakukan sembarangan. Pahami strategi terbaik agar bisa mendapatkan manfaatnya. Pastikan untuk memantau beragam platform hingga aplikasi digital untuk investasi yang terbaik.

Posting Komentar

Halaman

Copyright © 2021

Teknologi Gue Nih