7 Manfaat CRM untuk Travel Agency

Manfaat CRM bagi bisnis memiliki peran penting dalam menerapkan strategi efektif. Karena mampu mencapai setiap tujuan dari mencari pelanggan, penjualan hingga mempertahankan konsumen.

Strategi yang efektif tidak berhenti setelah mendapatkan pelanggan dan melakukan penjualan hingga akhir, melainkan harus ada keberlanjutan sehingga menjadi pelanggan tetap. Dalam bisnis apa pun, termasuk Anda yang memiliki Travel Agency penting untuk mempertahankan pelanggan lama.

Dalam prosesnya strategi yang dijalankan harus benar-benar mampu untuk menjangkau bagian-bagian penting sebuah bisnis, seperti pemasaran, penjualan dan layanan pelanggan.

Untuk mencapai ketiga hal tersebut Anda dapat memanfaatkan CRM yang memiliki banyak manfaat untuk perkembangan dan keberlangsungan usaha yang sedang dijalankan.
 

Manfaat CRM untuk Travel Agency


Manfaat CRM untuk Travel Agency

Tentunya ada banyak cara dalam melakukan promosi untuk mengenalkan dan menjual produk atau jasa yang dimiliki. Terlebih di era digitalisasi seperti saat ini yang bisa memanfaatkan media sosial, website, hingga melakukan pemasaran melalui WhatsApp blast.

Akan tetapi, apakah cara tersebut sudah benar-benar efektif? Jika belum Anda harus berkenalan dengan CRM.

Customer Relationship Management (CRM) adalah strategi bisnis yang menggabungkan antara manusia dan teknologi. Tujuan dari penggunaan CRM untuk memberi kemudahan kepada pemilik bisnis dalam menarik pelanggan hingga menjadi pelanggan dan mempertahankan pelanggan.

Sistem kerja dari CRM untuk menganalisis sebanyak-banyaknya perilaku dan kebutuhan pelanggan. Sehingga pemilik bisnis dapat memberikan pelayanan optimal untuk pelanggan baik baru maupun yang sudah loyal dan puas dengan produk atau jasa yang ditawarkan.

Sedangkan manfaat CRM untuk Travel Agency, yaitu:
 

1. Mudah Mendapatkan Informasi Konsumen


Internet menjadi wadah yang banyak orang gunakan dalam mencari informasi suatu bisnis maupun brand. Seperti wisatawan yang sedang merencanakan liburan banyak yang mencari informasi dari berbagai situs seperti website, instgaram, facebook, atau tiktok.

Tentunya dengan banyaknya data pelanggan dari berbagai situs tersebut, akan memudahkan pemilik Travel Agency untuk mencari informasi dalam mengenal dan memahami konsumen lebih optimal dengan CRM.

Data-data yang diperoleh dengan bantuan CRM tersebut bisa digunakan dalam menjalankan strategi pemasaran yang efektif.
 

2. Mempermudah Inreaksi dengan Konsumen


Manfaat CRM yang kedua untuk mempermudah dalam melakukan interaksi langsung dengan konsumen. Misalnya melakukan panggilan telepon, meeting, memesan hotel, mengirim pesan notifikasi jadwal penerbangan, dan interaksi lainnya.

Jika diperlukan tim pemasaran dapat menambahkan catatan khusus jika ada informasi tambahan atau lanjutan.
 

3. Database untuk Marketing


Layaknya memasang iklan di google, CRM dapat membaca data konsumen secara detail dengan identifikasi demografis, karakteristik dan membuat strategi yang tepat dalam menargetkan calon pelanggan.
 

4. Menggunakan CRM untuk Lebih Mudah


Penggunaan CRM memberi kemudahan dalam memberikan rekomendasi kepada pelanggan. Hal ini karena data CRM dapat digunakan sebagai strategi yang tepat untuk memberikan rekomendasi kepada pelanggan.

Misalnya rekomendasi untuk biaya penerbangan, budget hotel dan lainnya. Tanpa adanya data CRM akan sulit untuk membuat strategi pemasaran yang optimal.

Menariknya dari data CRM yaitu bagian sales dan marketing dapat melihat laporan penjualan.
 

5. Mudah Membuat Saran untuk Konsumen


Setiap bisnis penting untuk memberikan layanan pelanggan yang optimal. Karena, ketika terlambat membalas pesan dari konsumen maka kemungkinan besar konsumen akan pergi dan mencari bisnis yang lain.

Walau begitu, biasanya ada beberapa kendala yang memengaruhi seperti alur komunikasi yang terlalu panjang atau bertele-tele. Berbeda ketika menggunakan CRM karena kontak setiap pelanggan tersimpan rapi dalam satu tempat.

CRM juga memungkinkan untuk melakukan balasan secara otomatis dengan adanya respon suara interaktif (IVR) dan chatbot melalui WhatsApp API.
 

6. Terdapat Pengingat Otomatis


Saat konsumen membeli produk yang ditawarkan, langkah selanjutnya adalah mengirim pesan notifikasi secara otomatis. Khususnya Travel Agency, dapat mengirimkan pengingat otomatis dengan seperti informasi destinasi terbaru, jadwal penerbangan, dan lain-lain.

CRM juga dapat digunakan untuk pengingat otomatis bagian internal perusahaan. Dari jadwal meeting hingga pengingat agar staff terus melakukan komunikasi interaktif secara konsisten dengan pelanggan.
 

7. Mampu Memberikan Penawaran yang Dipersonalisasi


Manfaat CRM dapat digunakan sebagai alat dalam melakukan penawaran kembali dari riwayat pembelian terakhir. Penawaran yang dibuat bisa bersifat khusus seperti menawarkan vocher diskon.

Tujuh manfaat CRM di atas berperan besar dalam mengembangkan bisnis Travel Agency Anda. Untuk memudahkan dalam melakukan strategi CRM, Anda dapat menggunakan jasa OCA Indonesia.

OCA Indonesia adalah salah asisten komunikasi yang akan membantu Anda dalam membangun komunikasi secara luas melalui pesan SMS, WhatsApp blast, WhatsApp API, panggilan telepon, e-mail, chatbot dan lainnya.

Sejak didirikan pada tahun 2017, Omni Communication Assitant (OCA) telah dipercaya ribuan bisnis kecil hingga besar dalam membangun komunikasi efektif agar terhubung dengan konsumen secara cepat, namun tetap aman.

Posting Komentar

Halaman

Copyright © 2021

Teknologi Gue Nih