Tugas dan Tanggung Jawab Seorang Product Manager

Product manager bisa menjadi posisi yang menjanjikan dalam sebuah perusahaan. Perannya yang penting membuat posisi ini diminati para karyawan karena penghasilannya juga cukup menjanjikan. Kemajuan perusahaan juga tergantung dari posisi ini.

Namun perlu diingat bahwa semakin tinggi jabatan dalam perusahaan, tugas dan tanggung jawabnya juga besar. Hal itu juga berlaku pada seorang product manager. Tapi bukan berarti product manager menjadi posisi yang sulit untuk diraih.

Product management bootcamp dapat menjadi jalan bagi siapa saja yang berkeinginan untuk menjadi seorang product manager yang handal. Segala hal yang berkaitan dengan product manager dipelajari di sana. Sehingga impian untuk menjadi product manager bukan lagi impian semata.

Apa Itu Product Management Bootcamp ?


Product management bootcamp adalah sebuah kelas product management yang dibuat khusus untuk melatih seseorang menjadi product manager yang handal.

Setiap orang memiliki kesempatan yang sama untuk mengikuti product management bootcamp ini. Di dalamnya akan ada banyak pelatihan untuk mengenalkan dan memahami tugas-tugas dan tanggung jawab seorang product manager.

Tugas dan Tanggung Jawab Seorang Product Manager


Product manager biasanya berfungsi sebagai penengah antar stakeholders yang ada di dalam sebuah perusahaan. Tugas utamanya adalah mengatur segala sesuatu mengenai pengembangan produk, peluncuran produk, pembenahan bisnis sampai menentukan strategi pemasaran produk.

Tugas dan tanggung jawab seorang product manager secara umum diantaranya yaitu :

1. Connecting dan Communicating


Mampu berkomunikasi dengan baik adalah kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang product manager. Hal ini dikarenakan seorang product manager harus bisa mengkomunikasikan kemauan klien dan meneruskan kepada timnya untuk membuat produk sesuai dengan yang diinginkan.

Bukan hanya itu, product manager harus bisa membuat ide-ide dan mengeksekusinya bersama tim dengan baik. Dalam hal ini product manager harus bisa melaraskan pendapat timnya agar tetap kompak, sehingga pekerjaan dapat terselesaikan dengan baik.

2. Analisa dan Pembelajaran


Product manager juga harus memiliki kemampuan menganalisa pasar dengan baik dan mempelajari data yang sudah ada mengenai trend yang sedang berkembang. Semuanya ditujukan untuk pengembangan produk atau product improvement, sehingga perusahaan lebih berkembang.

Pengembangan produk ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan konsumen, sehingga konsumen menemukan jawaban dari permasalahan mereka. Dengan demikian konsumen akan mengupdate terus mengenai produk yang dikeluarkan oleh perusahaan dan tak menutup kemungkinan akan membeli lebih banyak karena merasa cocok.

Dalam product management bootcamp, akan diajarkan berbagai cara untuk menyaring data kuantitatif dari metrik historis maupun dari penelitian pelanggan, cara membaca trend pasar, analisa kompetitif, review produk dan penjualan dan segala hal yang bisa membuat keputusan return on investment (ROI).

3. Pembuat Keputusan, Pengarah serta Dokumentasi


Seorang product manager juga harus menyimpan data-data untuk mempelajari pasar. Data yang ada dapat dipakai untuk menangani pelanggan yang marah atau menanangi krisis yang mungkin saja bisa terjadi dalam perusahaan.

Catatan penting dalam rapat harus disimpan dengan baik dan dianalisa dengan baik demi kepentingan perusahaan. Dari catatan-catatan tersebut, seorang product manager dapat mengambil keputusan yang tepat untuk pengembangan project selanjutnya. Sehingga kemajuan perusahaan terus berjalan.

Skill yang Wajib Dimiliki Seorang Product Manager


Tugas dan Tanggung Jawab Seorang Product Manager

Dari tugas dan tanggung jawab seorang product manager, dapat dilihat bahwa seorang produt manager memiliki segudang aktivitas yang panjang dalam pekerjaanya. Karena itulah wajib bagi seorang product manager untuk memiliki skill atau kemampuan berikut ini :

1. Kemampuan Berkomunikasi yang Baik


Kemampuan berkomunikasi yang baik adalah kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh seorang product manager. Kemampuan ini mencakup cara bersikap di depan orang dengan latar belakang yang berbeda serta beradaptasi di berbagai kondisi yang ada.

Di dalam kelas product management, kemampuan berkomunikasi yang baik ini akan diajarkan dengan porsi lebih banyak. Tujuannya untuk membiasakan calon product manager menyampaikan informasi dengan tepat dan benar.

2. Kemampuan Menganalisa yang Baik


Product management bootcamp akan mengajak pesertanya untuk menganalisa pasar dengan tepat dan baik. Kemampun ini sangat penting untuk bisa menjawab kebutuhan konsumen, sehingga dihasilkan product yang tepat sasaran.

3. Kemampuan Berpikir Strategis


Seorang product manager harus bisa berpikir kritis, strategis dan tepat guna. Cara berpikir seperti ini membuat seorang product manager dapat cepat mengambil keputusan dan menanangani project dengan baik.

Kemampuan berpikir strategis juga dipelajari dalam product management bootcamp, sehingga lulusan product manager yang dihasilkan dapat diandalkan untuk mengembangkan perusahaan.

4. Kemampuan untuk Mengedepankan User Experience


Kepuasan pelanggan adalah nomor satu. Itulah yang harus dipahami seorang product manager, sehingga product manager harus bisa memahami kebutuhan konsumen dan menjawabnya lewat produk yang dihasilkan perusahaan.

Kemampuan ini dapat diasah melalui dialog langsung dengan konsumen atau survey, bahkan wawancara secara langsung. Product management bootcamp akan membantu calon product manager untuk menemukan cara yang tepat dalam menjawab kebutuhan konsumen.

Product Management Bootcamp di Binar Academy


Belajar menjadi seorang product manager rupanya membutuhkan kemampuan yang tidak sembarangan. Butuh kemampuan berkomunikasi yang baik, menganalisa yang baik serta berpikir strategis untuk bisa menjadi product manager yang handal di bidangnya.

Binar Academy menyediakan kelas product management melalui product management bootcamp berupa pelatihan intensif. Pelatihan ini dimentori langsung oleh para ahli dari Binar Academy yang sudah memiliki reputasi dan prestasi yang baik di bidangnya.

Melalui misi saling menemukan, saling berproses dan saling terkoneksi, Binar Academy hadir untuk membersamai para calon product manager yang ingin maju berkembang, sehingga dapat memberikan kontribusi yang lebih pada perusahaan.

Binar Academy sudah mengantongi sertifikat Education Alliance Finland (EAF) 2021 yang memberikan kurikulum belajar terbaik, sehingga bisa dipelajari oleh yang awam sekalipun. Selain itu metode pembelajaran yang diajarkan pun sudah disesuaikan dengan kebutuhan siswa dan kebutuhan industri.

Belajar jadi product manager yang handal, ya di product management bootcamp yang ada di Binar Academy saja. Setelah lulus, Binar Academy akan mencarikan pekerjaan sehingga ilmu yang sudah dipelajari dapat diterapkan langsung ke dunia kerja. Informasi selengkapnya langsung saja kunjungi www.binaracademy.com

Posting Komentar

Halaman

Copyright © 2021

Teknologi Gue Nih