Cek Mesin Jilid Buku Terbaik di Maxipro

Apakah Anda berkecimpung di usaha yang bergerak dibidang percetakan? Jika, iya Anda perlu mengetahui distributor dan supplier pertama di Indonesia yaitu Maxipro. 

Distributor berbagai jenis alat dan mesin percetakan untuk kantor, toko, industri, UKM, maupun sekolah. Terutama kebutuhan mesin jilid buku Anda, banyak pilihan yang berkualitas.

Untuk menghasilkan binding/jilid buku yang kuat, melekat, dan tidak mudah rusak memerlukan mesin jilid yang kualitasnya juga bagus. Bagi Anda yang baru pertama kali mencari mesin jilid buku perlu mengetahui kebutuhan konsumen Anda. Untuk mesinnya sendiri memiliki berbagai tipe yang menyesuaikan dengan kebutuhan.

Sebenarnya jenis mesin jilid memiliki banyak ragamnya, tapi yang sering digunakan oleh percetakan yaitu mesin jilid lem panas. Apa itu mesin jilid lem panas, jenis lemnya, dan jenisnya di Maxipro baca ulasan berikut ini.

Mengenal Mesin Jilid Lem Panas/Mesin Binding Buku


Mengenal Mesin Jilid Lem Panas/Mesin Binding Buku

Sebelum memahami mesin jilid lem panas, Anda perlu mengetahui arti dari binding atau penjilidan. Binding atau penjilidan merupakan proses perekatan lembaran-lembaran kertas menjadi sebuah buku, caranya bisa dengan manual atau mesin.

Proses dengan mesin lebih rapi, menyatu dengan sempurna, dan waktu pengerjaannya pun cepat, biasanya untuk jumlah lembaran yang tebal. Untuk proses manual disarankan untuk lembaran tipis, kalau yang tebal akan merusak dan tidak cepat selesai.

Sedangkan untuk mesin jilid lem panas adalah mesin penjilidan yang menggunakan lem panas sebagai perekatnya, sering disebut dengan glue binding, dan mesin ini paling sering digunakan oleh percetakan-percetakan.

Jenis Lem Panas


Ada dua jenis lem panas yang sering digunakan oleh mesin jilid lem panas, yaitu:

1. Hot Glue PUR


Lem panas ini terbuat dari Polyurethane Reactive Material. Lem ini memiliki hasil yang kuat, tidak berkerut, tahan lama, lebih rata dikarenakan ketika proses pengeleman ada reaksi kimia yang terjadi. Jenis lem ini lebih berkualitas daripada hot glue EVA. Sehingga banyak orang yang menggunakan lem PUR untuk proses penjilidan.

Yang perlu Anda ketahui tentang Hot Glue PUR:

  • Hasil penjilidan fleksibel, memudahkan ketika membuka lembaran-lembaran buku.
  • Media kertas untuk dibinding beragam mulai dari karton, HVS, kertas daur ulang, UV-Coated, dan lainnya.
  • Hasil jilidnya sangat kuat sehingga cocok untuk penjilidan yang sangat tebal.
  • Bahan lemnya tidak mudah rusak meski di suhu yang ekstrim.
  • Harganya cukup mahal daripada lem panas EVA, namun penggunaannya lebih irit. Dengan sedikit lem sudah cukup untuk menjilid buku.

2. Hot Glue EVA


Jenis lem ini EVA lebih sering ditemukan di usaha percetakan maupun kebutuhan lem sehari-hari. Lem panas ini terbuat dari Ethylene Vinyl Acetate, yang berbentuk padat dan mencair jika dipanaskan.

Hal yang perlu Anda ketahui tentang Hot Glue Eva:

  • Harga lebih murah daripada PUR.
  • Proses pengeringan lem sangat cepat.
  • Sisa-sisa lem bisa dibersihkan dengan mudah.
  • Cara menggunakannya pun cukup mudah.

Itulah dua jenis lem panas yang sering digunakan untuk mesin jilid lem panas. Jadi Anda pilihlah sesuai kebutuhan dan keuangan.

Jenis Mesin Jilid Buku di Maxipro


1. Mesin Glue Binding Desktop Telson


Jenis mesin jilid buku yang sesuai dengan usaha foto kopi baik skala kecil maupun besar. kelebihan mesin ini yaitu ukurannya yang ramping, lem yang digunakan biji hot melt, terdapat pemanas lem dan pencacah buku, thermocontrol untuk memantau dan mengatur panas yang dihasilkan mesin, dan biaya yang dikeluarkan rendah.

2. Mesin Glue Binding Telson 320B


Kelebihan mesin ini yaitu untuk pengoperasiannya cukup mudah hanya dengan waktu singkat Anda sudah bisa menggunakannya, ketahanan mesin hingga 10 tahunan, ada penampung lem sehingga tidak perlu mengisi lem setiap mau menjilid, pisau cacah untuk lebih merekatkan lem lebih sempurna, sangat cocok untuk industri percetakan besar karena bisa menjilid 280 buku per jam, dan bisa untuk ketebalan kertas maksimal 5 cm dan panjang 32 cm.

3. Mesin Glue Binding Telson PUR


Kelebihan menggunakan mesin ini adalah Hot Glue PUR sebagai lem utamanya, bisa untuk menjilid jenis art paper, terdapat 24 double tungsten steel milling yaitu pisau cacah yang membuat lubang halus pada buku hingga 24 slot yang menguatkan rekatan lem di buku, dan bisa untuk produksi percetakan besar.

Setelah Anda mengetahui tentang mesin jilid buku dengan lem panas ini dan jenis-jenisnya di Maxipro. Anda bisa menentukan mesin jilid lem panas mana yang cocok untuk usaha percetakan Anda. Untuk lebih tahu detailnya bisa cek mesin jilid buku di sini.

Posting Komentar

Halaman

Copyright © 2021

Teknologi Gue Nih