Apa itu Data Menurut para Ahli

Apakah Anda pernah mendengar Satu Data Indonesia? Istilah ini merupakan nama dari sebuah program yang digagas oleh Pemerintah, dan tujuannya supaya bisa mencapai mimpi bangsa kita untuk mampu berdaulat dalam data. 

Bahkan dengan adanya solusi big data ini memberikan banyak sekali manfaat, salah satu yang paling nyata adalah membantu pemerintah dalam menyusun rencana kerja pembangunan di berbagai bidang

Jika Anda pernah bertanya-tanya mengenai perkembangan negara kita, atau ingin melihat seperti apa data pemerintahan di dalam negeri, berharap ada transparansi dari pemerintah supaya masyarakat pun bisa ikut serta mengawasi pembangunan, atau bahkan ikut urun saran, maupun ikut berpartisipasi dengan nyata. 

Maka sekarang Anda bisa mendapatkannya berkat adanya solusi Satu Data Indonesia.
 

Penjelasan Data


Penjelasan Data

Apakah data itu? Yang dimaksud dengan data adalah sebuah kumpulan fakta-fakta mengenai sesuatu yang kemudian bisa memberikan gambaran luas tentang suatu topik. 

Kemudian ada orang yang menggunakan data tersebut untuk mengambil keputusan atau kebijakan tertentu, atau memakai data tersebut sebagaibahan pertimbangan yang bisa dipertanggungjawabkan. 

Melalui data, seseorang bisa menggambarkan, melakukan analisis dan menjelaskan suatu keadaan tertentu.

Adapun data-data tersebut bisa dikumpulkan lewat berbagai cara, seperti melalui survey, voting, penelitian dan lain sebagainya.

Semuanya lalu dikumpulkan dan diolah menjadi informasi baku yang bisa dipahami serta bisa digunakan oleh yang berkepentingan.

Data-data tersebut biasa dipakai untuk macam-macam kebutuhan, mulai dari marketing, kependudukan dan penelitian. Itulah mengapa disebut sebagai solusi big data.
 

Penjelasan Tentang Pengertian Satu Data Indonesia


Dilihat dari Perpres 39 tahun 2019, jadi Satu Data Indonesia merupakan sebuah kebijakan tata kelola data pemerintah, supaya bisa menghasilkan sejumlah data paling mutakhir dan akurat, serta bisa dipertanggungjawabkan penggunaannya. 

Tentu saja juga harus mudah diakses juga mudah untuk dibagikan antar instansi, baik itu pusat maupun daerah.

Bukan hanya disebut sebagai Satu Data Indonesia saja, ada juga beberapa penyebutan lainnya seperti Onedata Indonesia, atau satu data nasional.

Ini adalah sebuah gagasan yang menarik dari pemerintah Indonesia, supaya bisa meningkatkan efektivitas dalam pengambilan kebijakan yang berdasarkan pada data-data. 

Supaya tujuan tersebut bisa tercapai dengan cepat dan akurat, maka sudah tentu memerlukan sejumlah kumpulan data pemerintah yang terbuka, interoprable dan terbuka.

Tiga prinsip utama dari Satu Data adalah :
  • metadata baku
  • satu standar data
  • satu portal data
Sehingga pemanfaatan data data pemerintah tidakterbatas pada pemanfaatan secara internal baik antar instansi, tetapi juga dapat dipergunakan juga untuk masyarakat.

Menteri Suharso Monoarfa yang merupakan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional menyatakan pendapatnya dalam acara Satu Data Web Summit, penting sekali adanya kolaborasi dan sinergi yang terstruktur antar lembaga dan instansi, baik itu pemerintahan daerah maupun pusat dalam Satu Data Indonesia.

Dalam pelaksanaannya, peranan bappenas adalah berkoordinasi dengan semua instansi yang ada di dalam Satu Data Indonesia, tujuannya supaya data yang masuk tidak saling bertumpukan dan menyebabkan error.

Dengan keberadaan data-data tersebut, maka sangat diharapkan mampu untuk mendasari perencanaan, pelaksanaan, pengendalian pembangunan, dan evaluasinya. 

Bahkan ada juga data mengenai keadaan ekonomi masyarakat yang terkini, dan bisa dilihat data statistiknya dengan lengkap sehingga bisa dianalisa lebih lanjut oleh pemerintah.

Kunci kesuksesan implementasi Satu Data Indonesia adalah adanya kolaborasi menyeluruh dan kompak dari semua stakeholder. Mulai dari pemerintah pusat dan daerah, harus ada pengawalan yang ketat pula oleh pemerintah dan masyarakat dalam implementasinya secara nasional.

Apalagi Satu Data memang menerapkan konsep data terbuka ketika mempublikasi data. Tentu saja diharapkan hanya dipergunakan oleh orang yang berkepentingan untuk tujuan kemajuan negara kita sendiri.

Solusi Satu Data Indonesia ini memang dibangun untuk bertujuan transparan dalam membagikan data kepada seluruh masyarakat. Juga mengajak masyarakat untuk berperan aktif dalam berpartisipasi, juga mengawasi pembangunan dalam negeri.

Jika ingin mendapatkan data pemerintah yang dibutuhkan, masyarakat bisa mengaksesnya melalui Data.go.id. 

Adapun Data.go.id merupakan sebuah portal resmi dari Satu Data Indonesia, menjadi tempat khusus untuk memasukkan dan memanfaatkan data terbuka yang ada. 

Tidak dibatasi kementrian, atau lembaga pemerintah saja, bahkan lembaga lain yang juga memproduksi data yang berhubungan dengan Indonesia juga bisa.

Posting Komentar

Halaman

Copyright © 2021

Teknologi Gue Nih