3 Jenis Teknologi USG dan Perbedaannya

Pemeriksaan kehamilan bisanya dilakukan oleh ibu hamil untuk mengetahui kondisi janin yang ada di rahimnya. Pemeriksaan ini dianjurkan dilakukan setiap bulan agar perkembangan janin dari bulan ke bulan dapat terpantau dengan baik.

Pemeriksaan kehamilan yang akurat dilakukan dengan menggunakan ultrasonography atau USG. Melalui USG, perkembangan janin dalam rahim ibu dapat terlihat.

Apakah sudah terbentuk kepala, tangan dan kaki, apakah jantungnya berdetak atau sudah bisa menendang-nendang. Ibu hamil pasti senang sekali jika mengetahui janin dalam rahimnya tumbuh dengan sehat.

Pemeriksaan Kehamilan dengan USG


Pemeriksaan Kehamilan dengan USG

Pemeriksaan dengan menggunakan USG memang yang paling jitu dibandingkan dengan pemeriksaan kehamilan biasa. Melalui mesin USG, keadaan janin dapat terlihat sehingga bisa diketahui bagaimana keadaannya. Apakah sehat ataukah terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Misalnya usus bayi terlilit atau sungsang.

Gangguan yang dialami janin selama berada di rahim ibu bisa dideteksi dengan cepat dengan kecanggihan teknologi USG. Seiring dengan perkembangan teknologi saat ini, USG pun mengalami perkembangan. Berawal dari USG 2 Dimensi, kini berkembang menjadi USG 3 Dimensi dan 4 Dimensi.

1. Pemeriksaan Kehamilan USG 2D


Pemeriksaan kehamilan dengan menggunakan USG 2D menghasilkan gambar hitam putih yang tidak jelas. Namun demikian, USG 2 D ini sudah bisa digunakan untuk melihat ukuran bayi, adanya detak jantung bayi, banyaknya ketuban dan adanya kelainan fisik pada janin.

USG 2D biasanya dilakukan di trimester pertama kehamilan, karena bentuk janin masih belum sempurna. Namun jika untuk mengetahui kelainan janin secara jelas, dokter biasanya menyarankan untuk USG 3D atau 4D.

2. Pemeriksaan Kehamilan USG 3D


Pemeriksaan kehamilan dengan menggunakan USG 3D biasanya dilakukan untuk mengetahui adanya kelainan pada janin. 

Hasil akhirnya berupa gambar janin dalam bentuk gambar tak bergerak atau diam, namun sudah jelas terlihat bentuk janinnya dan berwarna. Seolah-olah ibu bisa melihat langsung janin yang ada di dalam rahimnya.

Pertumbuhan janin bisa dilihat secara lebih detail, mulai dari bentuk wajah, tangan, kaki, adanya kelainan bibir sumbing atau kelainan jantung pada bayi bisa dideteksi lewat USG 3D ini.

3. Pemeriksaan Kehamilan USG 4D


USG 4 dimensi juga disarankan oleh dokter kandungan untuk memeriksa adanya kelainan pada janin. Pada USG 4D ini, gambar yang dihasilkan lebih akurat dan hidup. Bahkan gambarnya bergerak. Berbeda dengan USG 3D yang menghasilkan gambar diam, maka USG 4D menampilkan gambar utuh janin yang bisa bergerak.

Setiap detail bentuk janin bisa dilihat lewat USG 4D ini, bahkan sampai menembus organ bagian dalamnya. Hasilnya juga berwarna seolah-olah ibu melihat langsung janin yang dikandungnya.

USG 4D ini adalah pemeriksaan kehamilan USG yang paling canggih dan tidak semua ibu hamil bisa melakukannya, karena dokter hanya menyarankannya pada ibu hamil yang mengalami indikasi kelainan medis pada janin yang dikandungnya, sehingga kelainan yang terdeteksi bisa segera diatasi.

Apakah Pemeriksaan Kehamilan Dengan USG Aman?


Pemeriksaan kehamilan dengan menggunakan USG terbukti aman. Pernyataan tersebut dilansir dari studi yang dilakukan oleh American College of Obstetricians and Gynecologist (ACOG) yang menyebutkan bahwa tidak ada bukti ilmiah yang menyebutkan bahwa USG membahayakan janin.

USG justru membantu ibu hamil untuk mengetahui keadaan janin yang dikandungnya. USG umumnya dilakukan sebanyak 4 kali dalam masa kehamilan, yaitu satu kali pada semester pertama, satu kali di semester kedua dan 2 kal di semester ketiga atau mendekati masa kelahiran.

Jumlah USG ini bisa berubah tergantung dari keadaan janin yang dikandung ibu. Jika terdapat kelainan dan membutuhkan pemeriksaan kehamilan lebih lanjut, maka USG bisa dilakukan lebih dari 4 kali.

Pemeriksaan Kehamilan di Klinik Kehamilan Sehat


Klinik Kehamilan Sehat adalah klinik kehamilan yang melayani berbagai macam masalah kehamilan dan juga melahirkan. Klinik yang berdiri sejak tahun 2016 ini sudah melayani lebih dari 200.000 pasien ibu hamil dan melahirkan. 

Bahkan di tahun 2021 ini sudah membuka cabang di beberapa kota besar, seperti Jakarta Timur, Tangerang, Bekasi, Bandung, Palembang dan juga Surabaya.

Pemeriksaan kehamilan di Kinik Kehamilan Sehat ditangani langsung oleh dokter spesialis kandungan dan staf yang ramah. Prosedurnya aman dan nyaman. Biayanya pun terjangkau, sehingga cocok dijadikan sebagai tempat pemeriksaan kehamilan ibu hamil.

Keuntungan melakukan pemeriksaan kehamilan di Klinik Kehamilan Sehat diantaranya :

1. Prosedur Pemeriksaan Kehamilan Jelas dan Transparan


Pemeriksaan kehamilan di klinik Kehamilan Sehat dilayani dengan ramah dan professional. Ibu hamil akan diperiksa usia kandungannya, diperiksa kesehatan fisiknya, lalu dokter akan melakukan USG 2D pada trimester pertama.

Dokter juga akan transparan dalam memberikan segala informasi yang diperlukan ibu hamil mengenai kehamilan dan keadaan janin. Ibu hamil bisa melakukan konsultasi tiap melakukan pemeriksaan kehamilan rutin tiap bulannya.

2. Menyediakan USG 2D dan 4D


Klinik Kehamilan Sehat menyediakan USG 2D dan USG 4D untuk pasien ibu hamil yang memeriksakan kehamilannya di sana. Khusus untuk USG 4D, tidak bisa diberikan sembarangan. 

Kecuali pada kondisi tertentu yang memerlukan pemeriksaan lebih lanjut. Selain itu juga bisa diberikan kepada ibu hamil yang ingn melihat wajah bayi dalam kandungannya secara live

3. Gratis USG 4D jika melakukan 2 kali USG 2D


Ada keistimewaan yang diberikan oleh klinik Kehamilan Sehat yang diberikan kepada pasiennya, yaitu pemberian USG 4D secara gratis jika ibu hamil melakukan USG 2D sebanyak dua kali. Hal ini diberikan sebagai bentuk kepedulian klinik Kehamilan Sehat terhadap keinginan ibu hamil yang ingin melihat wajah bayinya secara live.

Tentu menjadi kebahagiaan tersendiri bagi ibu hamil jika bisa menyaksikan langsung bagaimana rupa si bayi sebelum dilahirkan. Klinik Kehamilan Sehat turut merasakan kebahagiaan si ibu hamil dengan memberikan paket spesial tersebut.

Pemeriksaan kehamilan yang sehat dan harga terjangkau, ke klinik Kehamilan Sehat saja. Aman, terpercaya dan nyaman.

Posting Komentar

Halaman

Copyright © 2021

Teknologi Gue Nih