Apa Itu Ekstensi Domain ?

Domain memegang peranan penting dalam menjalankan sebuah website. Keberadan domain ini terbukti bisa mempengaruhi jumlah pengunjung atau pun profit sebuah perusahaan. Karenanya memahami artinya domain sangatlah penting.

Ibarat kata domain dalah rumahnya, dimana sebuah usaha dijalankan di dalam rumah tersebut. Tentu saja pemasaran, promosi atau apapun yang berhubungan dengan jenis usaha yang bersangkutan bergantung dari bagaimana domain tersebut bekerja. Tanpa mengenal domain, pemilik usaha akan kesulitan untuk menggerakkan usahanya.

Memahami Tentang Domain


Memahami Tentang Domain

Domain adalah nama unik yang merujuk pada sebuah alamat IP tempat sebuah website dijalankan. Domain bisa ditemukan di internet dengan mengetikkan nama domain di mesin pencariran google. 

Domain yang baik adalah yang memiliki nama sederhana, mudah diingat dan mencerminkan isi atau konten dari website dimana domain disematkan.

Domain terdiri dari 3 bagian, yaitu subdomain, nama domain dan ekstensi domain.

1. Subdomain


Subdomain adalah bagian dari domain yang terletak di awal URL dan bertugas untuk membagi area website. Biasanya ditulis dengan www. Atau http:// atau https://

Subdomain ini wajib ditulis untuk memunculkan website di dalam internet. Namun adakalanya tak perlu ditulis sudah bisa muncul. Hal tersebut dikarenakan website yang dtulis sudah sangat familiar, sehingga google bisa membacanya tanpa perlu menuliskan subdomain di depannya.

2. Nama Domain


Nama domain letaknya di tengah. Berisi nama domain yang sudah Anda pilih untuk menggambarkan website Anda. Nama domain ini sebaiknya ditulis dengan nama yang mudah diingat, agar konsumen bisa mengingat dan mudah menemukan usaha Anda.

Misalnya backpacker atau catatanperjalanan dan sebagainya. Carilah nama yang membuat orang lain mudah mengingatnya, sehingga website Anda mudah ditemukan di pencarian google.

3. Ekstensi Domain


Ekstansi domain letaknya di belakang, setelah nama domain. Ekstensi domain yang terkenal yaitu .com yang diambil dari kata commercial. Ada juga .edu yang diambil dari kata education, artinya website yang ditulis berisi tentang konten pendidikan.

Mengenal Lebih Dekat Ekstensi Domain


Ekstensi domain bisa dikatakan sebagai pelengkap sebuah domain. Tanpa ekstensi domain, sebuah domain tidaklah lengkap dan tidak bisa diakses di internet. Ekstensi domain juga menunjukkan isi dari website yang bersangkutan. Apakah website untuk comersil atau tujuan penddikan.

Ekstensi domain jumlahnya banyak dan beragam. Masing-masing dikelompokkan ke dalam beberarapa kategori, seperti kepopuleran, fungsi, dan juga letak geografisnya.

1. Generic To Level Domain


Generic Top Level Domain adalah ekstensi domain yang paling umum dan paling populer digunakan oleh masyarakat pembuat website. Biasanya digunakan untuk tujuan comersil dan tujuan lainnya yang memberikan manfaat banyak orang.

Contohnya yaitu: .com, .net, .org dan masih banyak lagi lainnya.

2. New Generic Restricted Top Level Domain


New Generic Restricted Top Level Domain adalah ekstensi domain yang sifatnya umum terbatas. Namun masih cukup populer digunakan oleh masyarakat. Ekstensi domain ini juga tergolong masih baru. Meskipun demikian peminatnya cukup banyak. Beberapa contohnya yaitu : .site, .tech, .store dan masih banyak lagi lainnya.

3. Sponsored Top Level Domain


Sebagaimana namanya, sponsored Top Level Domain adalah ekstensi domain yang khusus digunakan oleh organisasi tertentu. Sifatnya pun privat dan harus mengikuti beberapa aturan yang ketat jika ngin menggunakannya. Jadi ekstensi domain ini tidak boleh sembarangan dipakai.

Contohnya yaitu : .edu, .mil, .jobs, .gov dan masih banyak lagi lainnya.

4. Country Code Top Level Domain


Country code Top Level Domain adalah ekstensi domain yang dibuat berdasarkan lokasi geografis dari negara pembuatnya. Jika dari luar negeri, ada .us, .id, ibr, .au dan lain sebagainya.

Sementara di Indonesia sendiri ada .ac.id, .go.id yang menunjukkan bahwa ekstensi domain dengan akhiran .id tersebut dikelola oleh Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI)

Ekstensi Domain di Niagahoster


Ekstensi domain terbukti penting untuk menentukan wajah sebuah website. Apakah tujuannya untuk komersil dan mendapatkan keuntungan dari artikel yang ada di dalam website tersebut, ataukah untuk tujuan sebuah lembaga tertentu seperti .edu untuk pendidikan atau .mil untuk militer.

Ekstensi domain juga nyatanya dapat menunjukkan darimana website tersebut berasal. Apakah .id dari Indonesia, .au dari Australia, .de dari German, .us dari Amerika Serikat dan masih banyak lagi lainnya.

Semua daftar ekstensi domain tersebut tersedia lengkap di Niagahoster. Sebuah perusahaan pelayanan domain dan hosting terpercaya yang ada di Indonesia.

Tak perlu lagi pusing memilih ekstensi domain yang cocok untuk bisnis Anda, atau hanya untuk menuangkan tulisan tanpa tujuan komersil. Langsung saja pilih ekstensi domain di Niagahoster. Pilihan ekstansi domainnya banyak dan lengkap, harganya pun terjangkau dan terpecaya. Layanan juga 24 jam nonstop dalam membantu Anda mengelola website.

Tunggu apalagi, temukan ekstensi domain favorit Anda hanya di Niagahoster.

Posting Komentar

Halaman

Copyright © 2021

Teknologi Gue Nih