Hosting Murah Untuk Website UMKM

Memulai sebuah usaha berskala mikro, kecil, dan menengah (UMKM) memerlukan persiapan dan strategi yang matang. Seperti yang sudah dibuktikan oleh kebanyakan kisah sukses UMKM, faktor penentu keberhasilan yang paling utama tidak selalu adalah modal yang besar, melainkan ketelatenan, kejelian menangkap peluang, dan mampu mengoptimalkan sumber daya dan teknologi yang tersedia.

Internet, utamanya website, merupakan teknologi yang bisa sangat berguna jika dimanfaatkan dengan baik oleh pelaku UMKM. Dengan website, UMKM bisa menyampaikan informasi tentang usaha macam apa, produk apa saja yang ditawarkan, hingga cara pembeliannya. Dan bagi pelaku UMKM baru, memilih hosting murah terbaik adalah langkah awal yang harus dilakukan sebelum membuat website.

Mudahnya mengakses website di era dimana hampir semua orang sudah memiliki akses internet, merupakan salah satu alasan utama kenapa UMKM harus memiliki website. Sebelum memilih hosting murah terbaik, simak manfaat website untuk UMKM berikut ini agar semakin yakin untuk membuat website.

Mengapa UMKM Perlu Membuat Website?


Akui saja, saat ini hampir semua permasalahan pasti dicari solusinya melalui internet. Mencari tutorial, mencari tips, hingga mencari produk, pasti Google adalah tempat pertama yang dituju. Google, sebagai pintu gerbang menuju jutaan website di jagad internet, memudahkan penggunanya untuk menemukan apa yang mereka cari. 

Di internet, mulai dari barang-barang aneh yang belum pernah Anda dengar sebelumnya, hingga barang yang biasa dijual di kompleks perumahan, bisa Anda temukan. Fakta ini adalah latar belakang kenapa internet penting bagi pemasaran sebuah bisnis. 

Karena, konsumen dari sebuah produk bisa ada dimana-mana, padahal belum tentu di lokasi konsumen tersebut tinggal ada pedagang yang menjualnya. Singkat kata, website adalah toko yang bisa mempertemukan konsumen dengan barang yang mereka cari dengan cara yang cepat dan mudah.

Manfaat Website bagi UMKM

Manfaat Website bagi UMKM

1. Sumber Informasi Terpercaya UMKM


Dalam memperkenalkan suatu produk atau jasa agar bisa menarik calon konsumen tentu memerlukan adanya media yang berisi informasi lengkap dan mudah dipahami. Website bisa menjadi sumber informasi utama dan terpercaya bagi UMKM. 

Melalui website, pengelola UMKM memiliki kesempatan untuk menyediakan informasi yang jelas tentang usahanya, apa saja produk dan jasa yang ditawarkan, bagaimana cara pemesanan, bagaimana proses pembayaran, hingga bagaimana proses pengadaan maupun pengiriman produknya.

2. Memudahkan Terhubung dengan Pelanggan


Informasi yang tidak kalah penting wajib tercantum pada website adalah kontak UMKM yang mudah dihubungi dan responsif. Perlu diingat bahwa ada tiga pembagian waktu di Indonesia, maka sebagai pengelola UMKM harus selalu siap sedia merespon pelanggan setiap waktu. Namun, melalui website Anda bisa menambahkan fitur live chat yang bisa diatur agar bisa menjawab pertanyaan secara otomatis.

3. Meningkatkan Kredibilitas dan Kepercayaan Pelanggan terhadap Bisnis


Membawa UMKM Anda online melalui website akan meningkatkan citra bisnis dan membuatnya terlihat sebagai usaha yang “resmi” dan profesional. Apalagi, jika memilih menggunakan nama domain website yang terdengar profesional, dipastikan akan meningkatkan kepercayaan pelanggan pada usaha Anda.

4. Menghemat Waktu dan Biaya


Selain tidak efektif secara waktu, tenaga, dan biaya, mempromosikan bisnis secara konvensional melalui door-to-door atau menggunakan pamflet juga sudah tidak zaman lagi. 

Dengan menggunakan website, maka Anda sudah bisa terhubung dengan pelanggan tanpa harus repot-repot keluar menghampiri pelanggan. Cukup dikelola melalui smartphone maupun laptop, Anda sudah bisa mengurus pemesanan, pembayaran, hingga pengiriman barang.

Untuk membuat website profesional yang efektif menarik pelanggan, diperlukan hosting murah terbaik sebagai dasarnya. Hosting yang terbaik belum tentu harus memiliki harga yang mahal. Dengan hosting murah berkualitas dan terpercaya, Anda pun sudah bisa membawa UMKM Anda online. Lalu, hal apa saja yang harus diperhatikan dalam memilih penyedia jasa hosting?

Tips Memilih Hosting Murah Terbaik untuk Website UMKM


Di samping pertimbangan budget, perhatikan hal-hal berikut ini dalam memilih penyedia jasa hosting murah terbaik untuk website UMKM Anda.

1. Variasi harga paket hosting yang ditawarkan


Saat mencari provider hosting website, hal pertama yang wajib dicek tentu saja variasi harga di setiap yang ditawarkan. Cobalah melakukan pemesanan untuk mengetahui berapa biaya total yang nantinya dikeluarkan.

Karena kebanyakan provider hosting tidak langsung mencantumkan informasi tentang biaya tambahan, seperti pajak dan layanan tambahan, yang mungkin dibutuhkan dan harus dibayarkan oleh pelanggan.

2. Fitur dan Fasilitas


Penyedia jasa hosting biasanya akan mencantumkan fitur-fitur dan fasilitas yang nantinya akan didapatkan pelanggan jika membeli paket hosting tertentu. Pastikan provide yang Anda pilih memberikan fasilitas domain website gratis dan memberikan fasilitas sertifikat SSL. 

Fitur dan fasilitas-fasilitas yang ditawarkan inilah yang nantinya akan membantu dalam mengoptimalkan website UMKM Anda. Jadi, pastikan paket hosting murah yang Anda pilih sudah memiliki fitur dan fasilitas pendukung yang mumpuni.

3. Kapasitas Penyimpanan


Storage atau kapasitas penyimpanan sudah pasti juga menjadi komponen penting dalam website. Untuk membangun sebuah website UMKM, tentu diharuskan mengunggah data yang sudah pasti tidak sedikit. 

Maka, usahakan memilih penyedia jasa hosting yang menawarkan paket hosting murah dengan kapasitas penyimpanan yang besar dan leluasa. Hal ini diperlukan untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan, seperti kapasitas bisa saja tiba-tiba habis sewaktu-waktu.

4. Jaminan Keamanan


Salah satu hal paling krusial: keamanan data. Hosting murah yang terbaik pasti sudah menyediakan sistem perlindungan yang tinggi untuk menjaga data setiap pelanggannya agar tidak mudah dibobol oleh para penjahat cyber.

Fitur-fitur keamanan seperti Web Application Firewall, Malware Detection, hingga WebShield Protection wajib hukumnya sudah termasuk dalam paket hosting murah yang ditawarkan.

Hosting Murah untuk UMKM


Sesuai dengan skala bisnisnya, anggaran yang umumnya disediakan oleh UMKM untuk media promosi tentunya tidak terlalu besar. Maka, untuk bisa membuat website dengan kualitas terbaik, sangat disarankan untuk menggunakan paket Shared Hosting dari Rumahweb.

Selain terjangkau dari segi harga, hosting jenis ini adalah yang paling ideal untuk website UMKM. Karena, apabila Anda belum terlalu fasih dalam mengelola website, Anda akan mendapatkan pelayanan technical support yang tersedia setiap hari selama 24 jam. 

Kapasitas penyimpanannya pun bisa dipilih dari empat paket yang tersedia (Entry, Small, Medium, Large), dan disesuaikan dengan kebutuhan website Anda. Untuk alasan-alasan ini, maka tak heran jika Shared Hosting dari Rumahweb menjadi primadona dan yang terbaik diantara hosting murah lainnya.

Posting Komentar

Halaman

Copyright © 2021

Teknologi Gue Nih