Macam-Macam Karangan Bunga & Jenis Bunga Beserta Maknanya

Bunga sering dijadikan lambang perasaan. Bentuknya yang cantik dan unik, serta baunya yang harum menjadikan bunga cocok untuk mewakili perasaan kita terhadap suatu kejadian. 

Contohnya kebahagiaan adik yang baru lulus wisuda. Bunga bisa menjadi ungkapan selamat atas lulusnya sang adik atas gelar sarjana yang disandangnya. Atau pesta ulang tahun dan acara bahagia lainnya.

Selain mengungkapkan kebahagiaan, bunga juga bisa dijadikan perwakilan atas rasa bela sungkawa atas musibah yang terjadi loh. Seperti karangan bunga untuk menjenguk teman yang sakit, atau bela sungkawa atas meninggalnya seseorang yang kita kenal.

Karangan Bunga dan Macam-Macamnya


Karangan Bunga dan Macam-Macamnya

Bunga akan terlihat lebih eksotik dan cantik jika dirangkai menjadi sebuah rangkaian bunga atau yang biasa disebut dengan karangan bunga. Jadi karangan bunga adalah bunga yang dirangkai dengan begitu rapi dan cantik untuk mengesankan perasaan kita.

Karangan bunga ini macamnya tidak hanya satu. Melainkan ada banyak dan beragam. Masing-masing disesuaikan dengan tujuan dari dibuatnya karangan bunga yang bersangkutan.

1. Hand Bouquet


Hand bouquet disebut juga buket bunga, yaitu karangan bunga yang dikemas begitu cantik dengan berbagai bunga pilihan dan dibungkus dengan kain atau plastik yang menarik dan biasanya diberi pita. Disebut hand bouquet juga berkaitan dengan cara memegangnya yang biasanya bisa dipegang dengan tangan.

Hampir semua toko bunga menyediakan buket bunga seperti ini karena harganya yang lebih terjangkau. Ukurannya juga bervariasi dan bisa disesuaikan dengan budget kita. Acara wisuda atau selamat ulang tahun juga cocok diapresiasikan lewat buket bunga yang cantik dan bisa dipegang dengan tangan.

2. Bunga Papan


Bunga papan berbentuk besar dan terbuat dari bahan dasar papan untuk menempelkan berbagai karangan bunga di atasnya. Biasanya digunakan untuk mengucapkan ungkapan selamat atas berdirinya cabang baru perusahaan atau bela sungkawa atas meninggalnya seseorang.

Bunga papan memiliki ciri khas adanya tulisan yang bisa mewakili perasaan pengirim kepada penerima. Biasanya juga ditulis nama pengirimnya untuk menunjukkan perasaan si pengirim yang mendalam. Bunga yang dipakai ada yang bunga plastik, tapi ada juga yang bunga hidup. Tergantung dari permintaan si pengirim

3. Standing Flower


Standing flower adalah bentuk karangan bunga yang menggunakan kayu atau besi untuk menyanggah rangkaian bunga sebagai tempat untuk berdiri. 

Berbeda dengan bunga papan yang mengedepankan tulisan, maka standing flower lebih menonjolkan kecantikan karangan bunganya. Tulisannya tetap ada, tapi biasanya lebih kecii ukurannya. Cocok diletakkan di pojok ruangan saat pesta ulang tahun atau pesta perayaan pernikahan.

4. Table Flower


Table flower adalah karangan bunga yang ditaruh di dalam vas bunga dan biasanya diletakkan di atas meja sebagai hiasan. Bunga yang dipakai ada yang memakai bunga plastik, namun tidak jarang yang memakai bunga hidup.

Bentuk rangkaian bunganya bermacam-macam, tergantung kepiawaian si pembuat. Pembeli bisa membeli rangkaian bunga yang sudah jadi atau meminta sendiri jenis rangkaian bunga yang akan dipesan.

5. Buah Parcel


Parcel biasanya berisi barang tertentu yang dibungkus di dalam kerancang dan dihias dengan berbagai ornament untuk mempercantik penampilan. Buah parcel gunanya untuk mempercantik penampilan parcel. Misal parcel berisi buah, maka akan lebih cantik jika ditambahkan rangkaian bunga di dalamnya.

Jenis Bunga dan Maknanya


Bunga yang dipakai untuk karangan bunga bisa sangat beragam. Bisa bunga plastik maupun bunga hidup. Masing-masing punya kelebihan dan kelemahan. 

Kalau bunga plastik bisa awet dan tahan lama. Sementara bunga hidup membutuhkan waktu yang sebentar, namun wanginya alami bunga. Tidak seperti bunga plastik yang wanginya didapat dari semprotan pewangi buatan.

Untuk acara yang punya kesan mendalam, pengirim bunga biasanya lebih suka menggunakan bunga hidup untuk rangkaian bunga yang akan digunakannya. Jenis bunga yang biasanya dipakai untuk rangkaian bunga diantaranya :

1. Bunga Aster


Bunga Aster melambangkan kehalusan, kelembutan, kerapihan dan juga cinta. Cocok sekali diberikan kepada seseorang yang sedang kita kagumi. Warna putiknya ungu dengan dasar kuning. Sangat cantik dijadikan rangkaian bunga.

2. Bunga Mawar


Siapa yang tidak suka bunga mawar. Sebagian besar kaum perempuan menyukainya. Warnanya yang merah segar melambangkan cinta dan gairah. Membuat setiap perempuan pasti berbunga-bunga jika mendapatkan rangkaian bunga mawar dari pasangannya.

3. Bunga Matahari


Bunga matahari yang besar melambangkan kesetiaan, persahabatan, keceriaan dan juga kesungguhan. Sangat cocok diberikan kepada sahabat yang merayakan pesta ulang tahun atau lulus dengan nilai terbaik.

4. Bunga Anggrek


Bunga anggrek terlihat sangat anggun dan berkelas. Bunga cantik ini melambangkan cinta, keindahan, perhatian, kebijaksanaan dan juga perbaikan. Sangat cocok diberikan untuk menghormati orang yang lebih tua kepada kita, seperti kakak, paman, bibi atau orang tua.

5. Bunga Lili


Bunga Lili identik dengan permintaan maaf, kesopanan, kesucian dan juga kemurnian. Sangat cocok diberikan kepada ibu sebagai tanda terima kasih karena sudah menyanyangi sejak kecil dan memberikan kasih sayang tiada batas. Selain itu juga sebagai permintaan maaf kepada ibu ketika kita melakukan kesalahan yang membuatnya menangis.

6. Bunga Daisy


Bunga Daisy berwarna putih bersih dan rumpun sekali. Lambang dari kesetiaan dan kepercayaan kepada pasangan ini sangat cocok diberikan kepada pasangan yang sedang marah dan meragukan kesetiaan Anda. Dengan memberikan buang Daisy ini, bisa memberikan pengertian kepada pasangan, bahwa Anda adalah sosok yang setia dan dapat dipercaya.

7. Bunga Melati


Satu lagi bunga yang melambangkan kesetiaan kepada pasangan, yaitu bunga melati. Bunga yang sangat popular di Indonesia sebagai bunga pengantin perempuan ini, sangat harum baunya. Selain kesetiaan, bunga melati juga dipercaya sebagai lambang keanggunan, kesucian dan kerendahan hati.

8. Bunga Anyelir


Berbeda dengan jenis bunga lainnya yang biasanya mewakili suka cita, bunga anyelir biasanya dipakai untuk mewakili perasaan dukacita. Bentuknya yang merah dan lebar dengan warna yang berbeda di setiap sisinya, cocok untuk mewakili perasaan duka sehingga dapat menghibur penerimanya.

9. Bunga Tulip


Bunga tulip terkenal dengan warnanya yang cantik dan beragam. Ada merah, kuning, biru, dan lain-lain. Bunga cantik ini bisa dijadikan alternative untuk menggantikan bunga mawar, karena maknanya yang mengandung kesucian dan keabadian cinta.

Toko Bunga di Ungaran Semarang


Toko bunga di Ungaran Semarang memberikan berbagai macam produk karangan bunga yang Anda butuhkan. Mulai dari hand bouquet, bunga papan, standing flower, table flower sampai buah parcel.

Bunga yang dipakai untuk karangan bunga di Ungaran Semarang adalah bunga hidup dan segar yang diambil langsung dari petani di Semarang. Toko karangan bunga di Ungaran Semarang ini sudah beroperasi selama 7 tahun dan dipercaya masyarakat setempat untuk merangkai bunga dengan unik dan cantik, karena memiliki beberapa keunggulan, seperti :

1. Pengiriman Tepat Waktu


Toko karangan bunga di Ungaran Semarang memberikan jaminan pengiriman bunga tepat waktu sesuai dengan target yang ditentukan. Inilah yang membuat pelanggan puas dengan layanannya, sehingga Toko bunga di Ungaran Semarang semakin maju dan berkembang.

2. Proses Cepat


Pengerjaan merangkai bunga dilakukan sesaat setelah pesanan diterima. Sehingga bunga bisa langsung diterima saat itu juga. 

Sementara untuk bunga ucapan selamat yang diperuntukkan 2 atau 5 hari ke depan, maka proses pengerjaannya disesuaikan sedemikian rupa, sehingga bunga tetap selesai tepat waktu dan tetap segar saat diterima.

3. Pembayaran bisa Tempo


Perusahaan ada yang tidak bisa membayar di muka karena menungu invoice keluar dari kantor. Untuk hal ini, toko karangan bunga di Ungaran Semarang memberikan solusi untuk mode pembayaran dengan memberikan tempo kepada pelanggan. Jadi pelanggan tetap dapat dilayani dengan baik.

4. Bisa bayar Cash di Toko


Pembayaran juga bisa dilakukan secara cash di toko. Toko bunga di Ungaran Semarang menerima jenis pembayaran cash selain melalui transfer atau e money. Semua itu diperuntukkan untuk memudahkan pelanggan dalam bertransaksi dengan nyaman.

Tertarik untuk memesan karangan bunga dengan jenis yang sudah Anda rencanakan? Langsung saja berkunjung ke www.bliblibunga.com untuk informasi lebih jelasnya ya.

Posting Komentar

Halaman

Copyright © 2021

Teknologi Gue Nih