5 Cara Meningkatkan Omset yang Turun karena Corona

Cara Meningkatkan Omset yang Turun karena Corona - Pandemi Covid-19 yang sedang berlangsung membuat segalanya menjadi sulit. Bagi sebagian besar pebisnis, wabah virus ini merupakan pukulan telak. 

Dengan pertumbuhan ekonomi yang terus melambat, beberapa pengusaha harus menerima konsekuensi penurunan omzet. Tentu ini menjadi masalah yang harus segera diselesaikan jika tidak ingin bangkrut. Untuk itu, ketika ternyata omzet Anda terus menurun, Anda perlu segera bertindak untuk mencari solusinya. 

5 Cara Meningkatkan Omset yang Turun karena Corona

Nah, berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi kemerosotan omzet dalam bisnis Anda.

1. Daftar sebagai Mitra Ojol


Bagi Anda yang sudah menjalankan bisnis kuliner langsung ke konsumen, di pandemi seperti sekarang, Anda perlu mencoba metode kemitraan dengan ojol. 

Dengan menggandeng ojol, baik itu GoFood maupun Grab, konsumen dapat menemukan produk kuliner Anda melalui aplikasi. Nah, saat produk Anda bisa dicari lewat aplikasi Ojol, peluang Anda untuk meningkatkan penjualan dan omset akan semakin besar. 

Namun untuk menjalankan cara ini Anda harus terlebih dahulu mendaftar sebagai partner ojol dengan menyelesaikan beberapa ketentuan yang telah ditetapkan.

2. Pikirkan Area Bisnis Lainnya


Selanjutnya, cara agar omzet bisa kembali anjlok saat pandemi adalah dengan mencari bidang usaha lain. Ketika bisnis Anda benar-benar terpengaruh, mau tidak mau Anda harus mencari solusi atau alternatif bisnis lainnya. 

Alternatif bisnis lain ini Anda ambil untuk bisa menutupi kekurangan omzet di bisnis utama. Karena memang kondisi pandemi yang tidak menguntungkan, Anda tidak perlu ragu menjalankannya. 

Satu hal lagi, Anda juga tidak perlu ragu untuk terjun ke bisnis yang berbeda dengan bisnis utama. Namun agar bidang bisnis lain yang Anda jalankan benar-benar dapat membantu kas di perusahaan, pastikan untuk mencari dan memilih yang benar-benar produktif.

3. Buat Agenda Promo


Turunnya omzet ini tentunya karena tingkat pembelian yang menurun. Jadi, untuk bisa meningkatkan omzet Anda lagi, Anda perlu menarik kembali pembeli atau pelanggan. Untuk bisa menarik nasabah ini Anda perlu memberi mereka sesuatu yang spesial berupa promo.

Promo yang bisa kamu sajikan bisa berupa diskon, cashback, lucky draw dan lainnya. Tetapi untuk menerapkan metode ini, Anda harus memperhitungkannya terlebih dahulu.

4. Investasi


Selanjutnya, cara mengatasi omzet bisnis yang menurun akibat pandemi ini adalah dengan berinvestasi. Meskipun ada risiko dalam berinvestasi, Anda tidak perlu ragu untuk menjalankannya. 

Hal ini dikarenakan ada beberapa strategi yang dapat diterapkan untuk meminimalisir risiko tersebut. Namun karena dalam situasi pandemi seperti sekarang, Anda harus jeli dan cermat melihat dan memilih investasi yang cukup dan menguntungkan.

5. Digitalisasi Bisnis


Cara terakhir yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi kemerosotan perputaran bisnis adalah dengan mendigitalkan.

Pandemi ini memang membuat orang malas keluar rumah. Jadi jika selama ini Anda menjalankan bisnis hanya dengan teknik offline, maka pastikan untuk terjun ke dunia digital. 

Untuk mendigitalkan bisnis ini tentunya membutuhkan beberapa perangkat seperti smartphone atau laptop dan juga jaringan internet. 

Nah untuk media atau perantara yang bisa Anda pilih dalam mendigitalkan bisnis ini cukup banyak. Anda bisa memilih media sosial atau marketplace atau juga website Anda sendiri.

Dengan mendigitalkan bisnis Anda, peluang Anda untuk meningkatkan omzet akan terbuka lebar karena pangsa pasar online kini terus meningkat.

Untuk awalan Anda bisa memulai mempelajari bagaimana digital marketing secara otodidak maupun mengikuti pelatihan. Namun jika Anda tidak memiliki waktu, Anda bisa menggunakan jasa digital marketing.

Itulah 5 cara meningkatkan omset yang turun karena pandemi ini. Semoga artikel ini dapat membawa manfaat bagi Anda.

Posting Komentar

Halaman

Copyright © 2021

Teknologi Gue Nih