7 Cara Cepat Membangun Kesan Positif dalam Bisnis

Bisnis semakin berkembang jika memiliki kesan positif yang diberikan oleh konsumen. Cara mendapatkan opini positif dari konsumen bisa dilakukan dengan memanfaatkan media sosial. Itu hanya salah satunya, masih ada enam cara lagi untuk dilakukan.

Opini positif dari konsumen bahkan sampai ke pesaing akan meningkatkan kepercayaan bisnis yang Anda miliki. Kesan positif yang melekat pada bisnis akan mempengaruhi banyak pihak selain konsumen. Misalnya mitra kerjasama, investor dan lain sebagainnya yang bisa membuat bisnis semakin lancar dan berhasil.

7 Cara Mendapatkan Opini Positif


7 Cara Mendapatkan Opini Positif

1. Memanfaatkan Media Sosial


Pengguna media sosial di Indonesia dilansir dari Kominfo ada 63 juta orang aktif berinternet dengan 95% sebagai pengguna media sosial. Untuk peringkat pengguna facebook ada di urutan keempat di seluruh dunia sedangkan twitter di urutan kelima.

Media sosial lainnya yang akitf digunakan adalah instagram. Fitur yang bisa menampilkan gambar, video pendek, tulisan ini juga banyak peminatnya. Sekarang ini ada Ticktok yang bisa mengunggah video lucu dan fitur lainnya.

Banyaknya media sosial yang aktif di gunakan menyebabkan banyak pemilik bisnis untuk aktif di media sosial. Caranya memberikan informasi-informasi positif yang bermanfaat untuk pengunjung yang nantinya akan menjadikan konsumen.

Bisa digunakan untuk mengunggah testimoni konsumen yang positif atas layanan bisnis Anda. Semakin banyak orang melihat dan mengetahui hasil atau manfaat dari bisnis Anda maka semakin tersebar luas citra positif yang diberikan.

2. Manfaatkan Email


Untuk mendapatkan opini yang baik dari konsumen maupun calon konsumen bisa dilakukan dengan email. Caranya dengan membuat newsletter setiap minggu sekali agar tidak jadi spam. Hindari kirim email yang akhirnya masuk ke spam penerima. Dalam newsletter masukan informasi tentang produk, manfaat, cara menggunakan, dll.

3. Bekerjasama dengan Media


Banyaknya media online maupun cetak bisa digunakan untuk membangung branding positif bisnis Anda. Lakukan kerjasama yang baik untuk meningkatkan pengetahuan dan informasi publik akan bisnis Anda. Caranya dengan memberikan konten-konten yang menarik dan temanya sama dengan bisnis yang Anda jalankan. Agar publik lebih kenal dengan citra yang Anda inginkan.

4. Interaksi dengan Konsumen (QnA & Kritik Saran)


Setelah publik menerima wawasan yang banyak dari media sosial bisnis Anda atau dari media cetak yang memuat berita bisnis Anda, mereka penasaran dan ingin melakukan tanya jawab secara langsung. Tanya jawab ini bisa dikemas dengan agena QnA sebulan sekali atau secara berkala dengan waktu yang sudah ditentukan.

Misalnya dengan cara live instagram yang isinya membagi informasi tentang produk. Juga memberikan kesempatan kepada konsumen dan calon konsumen untuk bertanya secara langsung. Interaksi ini akan membuat publik merasa diperhatikan. Mereka tidak hanya sebagai konsumen saja. Seperti berbicara kepada teman yang ingin tahu tentang penggunaan produk atau layanan bisnis Anda.

5. Manfaatkan Fitur Promosi


Meski sudah aktif dengan berbagai macam media, tapi melakukan promosi masih relevan untuk mendekati publik. Buatlah materi iklan yang menarik dan promosikan melalui media online atau cetak hingga media sosial.

Gunakan fitur promosi yang diberikan oleh media sosial. Hal ini akan membantu menjangkau calon konsumen lebih luas lagi. Seringnya orang melihat materi iklan bisnis Anda membuat calon konsumen penasaran dan akan mencari informasi tentang produknya.

6. Manfaatkan Website


Memiliki website untuk mengunggah informasi tentang bisnis Anda, produk atau layanan yang diberikan, update informasi terbaru melalui website. Ini akan membuat publik lebih percaya tentang bisnis Anda. Agar website Anda menjadi pencarian pertama di halaman pencarian sesuaikan dengan SEO.

Adanya website menandakan bahwa bisnis yang Anda bangun memang benar adanya. Lebih terlihat resmi dan bertanggungjawab. Selain memaksimalkan cara mendapatkan opini positif di atas. Dengan website orang lebih leluasa membaca informasi tentang bisnis Anda.

7. Menjaga Kualitas Produk/Layanan


Apalah gunanya jika semua hal di atas dimaksimalkan tapi kualitas produk atau layanan tidak maksimal. Produk/layanan yang tetap berkualitas dalam seiringnya waktu akan memberikan kepercayaan yang lebih juga.

Apalagi layanan/produk terus melakukan peningkatan kualitas. Dampaknya konsumen atau calon konsumen akan lebih mudah memberikan opini yang positif. Bahkan bisa jadi merekomendasikan ke orang lain.

Jika semua cara mendapatkan opini positif di atas dilakukan dengan maksimal akan menaikan kredibilitas bisnis. Anda bisa manfaatkan media sosial dengan konten yang menarik sampai menjaga kualitas produk/layanan adalah pilihan untuk meningkatkan kepercayaan dan kesan positif bisnis Anda.

Posting Komentar

Halaman

Copyright © 2021

Teknologi Gue Nih