Tips Pakai Paylater Agar Hutang Tidak Menumpuk, Cek Ini Dahulu!

Layanan paylater atau bayar nanti menjadi layanan dimana sedang populer selama beberapa tahun terakhir di Indonesia khususnya bagi kalangan anak muda. Layanan yang ditawarkan oleh ecommerce atau marketplace ini merupakan kerja sama dari lembaga jasa keuangan.

Apabila dilihat sekilas, keberadaan layanan tersebut sebenarnya mempunyai kemiripan hampir sama dengan layanan kredit. Tetapi format penundaan dari pembayaran bisa secara mingguan ataupun bulanan serta para pengguna tidak perlu menyediakan kartu kredit dahulu agar bisa menikmati layanan tersebut.

Dengan menggunakan layanan bayar nanti inilah ternyata juga bisa berguna untuk mendapatkan barang impian dengan cepat di tengah kondisi keuangan yang menipis. Tetapi jika Anda memutuskan menggunakan layanan ini, maka terdapat risiko yang mungkin dapat terjadi yakni berkaitan dengan masalah hutang.

Tips Pakai Paylater Agar Tidak Menumpuk


Tips Pakai Paylater Agar Hutang Tidak Menumpuk

Seperti sudah disinggung sebelumnya bahwa layanan paylater memang semakin populer di Indonesia. Salah satunya adalah Traveloka Paylater dimana melalui layanan tersebut, Anda bisa semakin mudah untuk melakukan kegiatan perjalanan.

Namun apabila Anda hendak menggunakan layanan tersebut sebaiknya juga harus berhati hati dengan risiko yang mengintai yakni hutang. Terlebih lagi apabila Anda tidak mampu mengelola kondisi keuangan dengan optimal. Maka dari itu, agar tidak sampai alami hutang menumpuk, maka sebaiknya simak penjelasannya dibawah ini.

Memahami Bagaimana Aturan Paylater


Tips paling awal yang harus dilakukan oleh para pengguna adalah dengan memahami bagaimana penggunaan dan aturan dari paylater tersebut. Ada beberapa hal yang perlu diketahui diantaranya adalah ketentuan pendaftaran, limit pinjaman yang tersedia, bunga, denda hingga waktu pembayarannya.

Secara umum, penyedia fitur layanan ini biasanya mempunyai aturan kurang lebih sama. Namun perbedaan paling menonjol adalah terletak pada jumlah bunga sekaligus beban kepada para nasabah.

Limit Pinjaman Harus Sesuai Kemampuan


Hampir sebagian besar dari fitur bayar nanti telah menawarkan fitur untuk mengatur limit pinjaman agar jumlah transaksi tidak melebihi batas. Disinilah para pengguna dapat memanfaatkan keberadaan dari fitur tersebut sesuai dengan kemampuan finansial.

Kendati nantinya Anda memperoleh limit pinjaman dengan jumlah tinggi yang diberikan oleh penyedia, tetapi pengguna masih tetap bisa menyesuaikan angka tersebut dibawah limit.

Membuat Anggaran Berdasarkan Penghasilan


Agar terhindar dari namanya hutang menumpuk, maka penting bagi siapapun agar menentukan berapa banyak pinjaman yang bisa diambil sekaligus sesuai dengan penghasilan dahulu. Terlihat cukup sepele, tetapi hal tersebut akan membantu Anda agar bisa membayar setiap bulannya.

Jangan sampai karena mempunyai sifat konsumtif, Anda justru memilih limit pinjaman di luar batas kemampuan.

Melunasi Pembayaran Tepat Waktu


Penyebab hutang menumpuk dari pengguna pay later biasanya adalah mereka tidak membayar tagihan secara tepat waktu. Bahkan tidak sedikit dari pengguna ternyata justru membuka layanan bayar nanti untuk memenuhi kebutuhan lainnya.

Perlu diingat bahwa hal tersebut adalah kebiasaan yang sangat buruk dan sebaiknya harus dihindari segera mungkin. Cobalah agar selalu melunasi cicilan per bulan tepat waktu agar terhindari dari denda keterlambatan.

Memahami Biaya dan Bunga Yang Dibebankan


Apapun jenis pinjaman termasuk paylater, maka Anda diwajibkan agar memahami biaya dan bunga yang dibebankan kepada para nasabah. Sebab ini juga akan mempengaruhi cicilan per bulannya.

Jangan lupa pula untuk mempelajari denda keterlambatan apabila pengguna sampai telat dalam melakukan pembayaran. Adapun untuk denda tersebut biasanya akan semakin bertambah setiap harinya sehingga mengakibatkan cicilan per bulan semakin banyak juga.

Merencanakan Pembayaran


Tips berikutnya dalam penggunaan paylater agar dapat terhindar dari hutang adalah menentukan rencana pembayaran dahulu. Biasanya, cicilan fitur tersebut wajib dibayarkan di waktu tertentu. Dan sebelum memasuki waktu jatuh tempo, pastikan sudah mempunyai dana untuk melakukan pembayaran.

Jangan Pernah Bergantung


Terakhir, sebaiknya Anda jangan pernah menjadikan layanan bayar nanti ini sebagai sumber utama untuk memperoleh berbagai barang menarik. Apabila sedang tidak punya uang, maka tahan dahulu keinginan untuk membeli barang atau hal hal lainnya.

Penggunaan dari layanan bayar nanti memang akan memberikan banyak keuntungan bagi pengguna. Tetapi akan lebih bijak apabila memperhatikan sejumlah tips menggunakan paylater agar dapat terhindar dari hutang menumpuk.

Posting Komentar

Halaman

Copyright © 2021

Teknologi Gue Nih