ERP Software: Definisi, Sejarah dan Manfaat

Saat mengembangkan sebuah bisnis, sangat penting untuk mengimplementasikan software ERP untuk mempermudah siapapun yang terlibat dalam mengontrol dan menjalankan kegiatan operasionalnya.

Sesuai dengan namanya yaitu aplikasi ERP yang memiliki kepanjangan Enterprise Resource Planning System ini merupakan sebuah singkatan dari tiga jenis elemen.

Ketiga elemen ini meliputi enterprise atau perusahaan, resource (sumber daya) dan juga planning atau perencanaan.

Namun apa sebenarnya software ERP itu dan bagaimana kegunaannya dalam sebuah bisnis? Simak definisi, sejarah dan kegunaan aplikasi ERP pada penjelasan di bawah ini!

Definisi Software ERP


Software ERP adalah sebuah sistem informasi yang dapat membantu sebuah bisnis atau perusahaan dalam mengintegrasikan sekaligus mengelola kegiatan operasionalnya.

Hadirnya sistem ini menjadi solusi untuk segala hambatan bisnis yang seringkali terjadi karena tidak adanya sistem yang dapat melakukan optimasi dalam mengelola data operasional sebuah bisnis.

Namun, penerapan open source erp software secara masif tentu membutuhkan waktu yang tidak sebentar atau bahkan bertahun-tahun terlebih jika bisnis tersebut sudah lama ada.

Sebab skala aplikasi ERP ini sangat kompleks sehingga jarang ada perusahaan yang mengembangkan sistem ini secara in-house.

Sejarah ERP Software


Awalnya, istilah software ERP ini dikembangkan oleh Gartner Group pada tahun 1990 menggunakan konsep yang telah hadir sejak tahun 1960-an.

Dimana konsep dari sistem ini hanya ditujukan untuk penerapan dalam manajemen inventaris pada sektor manufaktur.

Kemudian di tahun 1970, program ini terus dikembangkan hingga menjadi Material Requirements Planning (MRP) untuk membantu memudahkan penjadwalan saat proses produksi.

Barulah setelah melewati beberapa pengembangan lagi, tahun 1990 hadirlah sistem software ERP yang memiliki fungsi yang lebih banyak dan disempurnakan. Jadi, kegunaannya tidak lagi hanya untuk manajemen inventaris namun juga dapat mengelola data keuangan, mesin, hingga SDM.

Pengembangan ini terus bergerak dengan masif hingga tahun 1998, hadir NetSuite yaitu sistem yang dapat diimplementasikan untuk seluruh jenis perusahaan dan terintegrasi secara online melalui internet.

Barulah pada awal tahun 2000-an, Gartner Group menyempurnakan kembali software ERP mereka dengan merilis ERP II yang sudah berbasi cloud serta lebih fleksibel. Sebab, aplikasi ERP kali ini tidak terbatas pada wilayah dan waktu selama terhubung ke internet.

Namun saat ini, software ERP SaaS (Software-as-a-Service) diminati oleh banyak bisnis bahkan diantaranya UKM. Sebab, harga software erp SaaS ini lebih terjangkau dan memiliki tingkat mobilitas yang tinggi.

Manfaat ERP Software untuk Bisnis


Manfaat ERP Software untuk Bisnis

Banyaknya bisnis yang kini beralih menggunakan aplikasi ERP agar seluruh datanya dapat dikelola dan terintegrasi dengan baik ini tentu karena manfaat serta kemudahan yang ditawarkan.

Berikut ini adalah beberapa manfaat dari penggunaan aplikasi ERP software pada sebuah perusahaan dan bisnis dalam mengelola data operasionalnya diantaranya adalah:

1. Meningkatkan Efisiensi


Software ERP merupakan sebuah sistem yang mampu untuk menyederhanakan berbagai aktivitas operasional yang biasanya dikerjakan secara tradisional sehingga lebih menghemat banyak waktu dan tenaga.

Jadi, tugas kompleks mulai dari inventarisasi, sistem penggajian, pembiayaan laporan keuangan, pemantauan tugas pegawai dan masih banyak lagi ini dapat dilakukan secara otomatis dengan program yang ada.

Adanya bantuan ini tentu akan mengurangi pekerjaan manual sehingga tim Anda dapat fokus pada inti pekerjaan mereka tanpa perlu bergantung pada divisi lainnya.

2. Menghemat Biaya


Adanya otomatisasi data yang dilakukan oleh software ERP ini tentu akan membantu dalam menghemat biaya operasional di dalam sebuah bisnis.

Terlebih, berbagai tugas kompleks juga dapat diselesaikan dengan lebih cepat sehingga dapat memangkas biaya tenaga kerja karena pekerjaan tersebut sudah diambil alih oleh sistem.

3. Keamanan Data yang Lebih Meningkat


Software ERP yang terintegrasi dengan firewall serta fitur pembatasan lainnya sehingga dapat mencegah terjadinya pelanggaran data.

Ditambah, seluruh data akan tersimpan secara aman pada sebuah sistem terpusat sehingga keamanan dapat diberikan aksesnya secara terbatas.

Gamatechno, Solusi untuk Pilihan Terbaik Software ERP Anda!


Jika Anda tertarik untuk mengimplementasikan bisnis yang dimiliki dengan software ERP, maka memilih Gamatechno dapat dijadikan sebuah pertimbangan.

Software ERP indonesia yang dikembangkan langsung oleh perusahaan ini dikenal sebagai Gamatechno Enterprise Suite (GES) dan dapat diimplementasikan untuk berbagai jenis bisnis mulai dari pertambangan, manufaktur, hotel, food and beverage, institusi pendidikan, real estate keuangan, logistik dan masih banyak lagi.

Selain itu, Gamatechno juga menghadirkan macam macam software ERP dalam bentuk modul yang dapat Anda pilih dan sesuaikan dengan kebutuhan, diantaranya adalah:

  • Modul gtHR untuk HRD.
  • Modul gtFinance untuk kebutuhan pengelolaan keuangan bisnis.
  • Modul gtCRM untuk mengelola informasi customer hingga penjualan produk.
  • Modul gtGA untuk mempermudah proses administrasi dan birokrasi dokumen di dalam sebuah bisnis.
  • Modul gtAsset untuk membantu mengelola aset di dalam perusahaan.
  • Modul gtInventory untuk pengelolaan data stok di dalam gudang.
  • Modul gtPos untuk memudahkan transaksi dengan pembeli serta mengelola data penjualan sehingga dapat lebih mudah untuk dievaluasi.

Posting Komentar

Halaman

Copyright © 2021

Teknologi Gue Nih