7 Tips Jualan Laris di Era Industri 4.0

Membangun sebuah bisnis di era industri 4.0 ini akan terasa mudah bila kita mengetahui cara memanfaatkan teknologi untuk memasarkan produk yang ditawarkan. Menjual produk dengan target market spesifik seperti toko alat fitness membutuhkan kejelian untuk mendulang untung.

Meskipun teknologi memudahkan pebisnis untuk lebih dekat dengan konsumen dan memudahkan proses jual beli, namun kondisi pasar online saat ini cukup ramai dan persaingan semakin ketat. Untuk itu, Anda perlu meningkatkan berbagai aspek bisnis agar tidak kalah saing.

Tips Jualan Laris di Era Industri 4.0


Tips Jualan Laris di Era Industri 4.0

Simak beberapa tips di bawah ini agar toko Anda mampu bersaing dan semakin laris manis di era industri 4.0 ini.

1. Menawarkan Produk yang Dibutuhkan Konsumen


Mendirikan sebuah usaha bukanlah sembarang menjual produk tanpa Anda ketahui kegunaan barang tersebut atau apa yang konsumen butuhkan. Mulailah dengan membuat riset sederhana untuk mengetahui apa yang saat ini konsumen butuhkan dan produk apa yang laku di pasaran.

Riset juga dapat Anda lakukan secara online. Saat ini sudah banyak situs yang dapat membantu Anda melakukan riset pasar dengan mudah dan murah. Misalnya, di masa pandemi orang-orang cenderung melakukan aktivitas di dalam ruangan pribadi atau di rumah. Salah satunya olahraga.

Olahraga membutuhkan beberapa peralatan, sebagian orang mungkin membutuhkan alat-alat fitness atau home gym. Maka Anda bisa membuka toko alat fitness sebagai solusi terhadap permasalahan konsumen yang membutuhkan alat olahraga di rumah.

2. Pastikan Target Konsumen secara Spesifik


Mengetahui target pasar atau target pembeli secara spesifik akan memudahkan Anda dalam mengetahui kebutuhan mereka serta dapat membantu Anda mengembangkan dan memasarkan produk. Utamanya Anda perlu mengetahui jenis kelamin dan umur target konsumen Anda.

Misalnya Anda memiliki toko bunga Jakarta, maka kemungkinan target pasar Anda adalah laki-laki atau perempuan berusia 15-40 tahun penyuka bunga yang berdomisili di area Jakarta. Namun apabila Anda memasarkan secara online, domisili pembeli bisa lebih luas lagi.

3. Miliki Konsep Menarik dan Berbeda


Anda harus mengetahui bahwa yang menjual produk yang Anda pasarkan bukan hanya Anda. Misalnya Anda memiliki toko bunga Jakarta, kemungkin penjual bunga ada banyak sekali. Maka Anda perlu memiliki konsep yang unik dan berbeda untuk menarik pembeli mengunjungi toko Anda.

Anda bisa membedakan toko Anda dengan toko bunga lain dengan menjual bunga dan tanaman artifisial. Ini akan menarik konsumen yang berbeda, yang tertarik dengan tanaman artifisial karena tidak membutuhkan perawatan khusus.

4. Menjaga Kualitas Produk


Kualitas produk tentu sangat mempengaruhi kepuasan konsumen. Bila konsumen puas, mereka dapat kembali lagi membeli produk Anda. Untuk itu, menjaga kualitas produk sangat penting dan berbanding lurus dengan stabilitas bisnis Anda.

5. Manfaatkan Marketplace untuk Jualan Online


Tips jualan laris di era industri 4.0 ini tentu saja memanfaatkan teknologi, salah satunya marketplace sebagai media jual beli. Marketplace akan membantu Anda menjangkau pembeli lebih luas karena pembeli tidak perlu datang ke toko fisik Anda.

Marketplace juga membantu Anda dalam promosi Karena menyediakan berbagai promo menarik setiap bulannya dan Anda bisa mengikuti promo tersebut untuk meningkatkan penjualan toko. Marketplace bisa menjual berbagai produk, bahkan alat fitness hingga bunga dan tanaman artifisial.

6. Media Sosial Sebagai Tempat Promosi


Setelah mengetahui target pasar, Anda bisa dengan mudah membuat promosi yang menarik sesuai dengan karakter dari target pembeli Anda. Manfaatkanlah media sosial seperti Instagram, Tiktok, dan lainnya untuk mengiklankan produk Anda.

Buatlah promo semenarik mungkin dengan harga bersaing. Misalnya Anda menjual tanaman artifisial Jakarta, Anda bisa menawarkan voucher gratis ongkir khusus untuk pengantaran area Jakarta.

Contoh lainnya, buatlah promo grosir tanaman artifisial dengan harga miring yang lebih murah dibandingkan membeli tanaman artifisial satuan. Kedua promo ini bisa Anda buat poster atau video menarik untuk diposting di media sosial kemudian arahkan ke link toko online Anda.

7. Menyediakan Pelayanan Pelanggan yang Responsif


Hal yang tidak boleh diabaikan dalam membangun bisnis di era industri 4.0 ini adalah pelayanan pelanggan. Anda harus menyediakan pelayanan pelanggan yang mudah dijangkau dan responsif. Bila memungkinkan Anda harus siap sedia 24 jam karena mempengaruhi kepuasan pelanggan.

Selain itu, pegawai yang bertugas dalam pelayanan pelanggan harus mengetahui dengan baik produk yang Anda jual. Misalnya ada pelanggan yang menanyakan apa itu tanaman artifisial, maka petugas pelayanan pelanggan harus bisa menjawabnya dengan baik.

Anda harus memberikan edukasi pada petugas pelayan pelanggan dengan pengetahuan dasar terhadap produk, misalnya agar dapat menjelaskan bahwa tanaman artifisial adalah tanaman buatan yang menyerupai aslinya dan biasanya dijadikan sebagai hiasan ruangan.

Pelayanan pelanggan juga harus bisa memberikan solusi jika terdapat kendala yang dihadapi pelanggan. Seperti kendala pada pengiriman produk, maupun kecacatan atau kerusakan pada produk.

Semangat dalam Berjualan


Akan terdapat banyak rintangan dalam usaha. Jangan lupakan untuk menjaga hubungan baik dengan pelanggan. Pelanggan setia bisa menjadi media pemasaran efektif, yakni melalui testimoni dan ajakan membeli kepada orang terdekat.

Selain 7 tips laris jualan yang telah dipaparkan di atas, semangat dalam berjualan juga penting untuk Anda terapkan dalam berbisnis. Baik memiliki toko bunga maupun toko alat fitness, konsistensi dan pantang menyerah adalah kunci mendapatkan kesuksesan usaha. Semoga sukses!

Posting Komentar

Halaman

Copyright © 2021

Teknologi Gue Nih