Apa itu Digital Printing & Keunggulan pada Produksi Kain

Istilah digital printing bukanlah hal baru bagi masyarakat Indonesia. Bahkan mungkin digital printing sudah kamu dengar sejak beberapa tahun yang lalu ketika berkecimpung dalam dunia jasa printing kain digital dan bisnis fashion online. Tapi, sudah kenalkah kamu mengenai apa sih digital printing itu?

Mengenal Digital Printing dan Jenisnya


Kamu tentu sudah sering menggunakan produk digital printing dalam keseharianmu. Produk-produk yang merupakan hasil karya dari para penjual jasa printing kain digital tersebut pun sudah bisa kamu jumpai dengan mudah dimanapun dalam berbagai wujudnya.

Tapi, sudah tahukah kamu sebenarnya apa sih digital printing itu? Digital printing merupakan suatu cara dalam dunia percetakan yang melibatkan mesin digital untuk menyelesaikan proses pencetakannya. Nah, digital printing ternyata juga terbagi menjadi beberapa jenis lagi loh.

Setiap jenisnya dipergunakan untuk keperluannya masing-masing dan ia juga akan menghasilkan kualitas output yang berbeda-beda. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa menyimak uraiannya berikut ini.
 

1. DTG Digital Printing


DTG merupakan singkatan dari Direct to Garment yang mana dalam proses pencetakannya dilakukan dengan meletakkan media ke mesin printer lalu desain akan tercetak sesuai dengan perencanaan pada PC. Dimana desain tersebut memiliki tingkat akurasi tinggi dan akan memberikan hasil yang optimal.
 

2. Sablon Screen Printing


Pencetakan dengan metode ini dilakukan dengan memberikan media pada tumpukan layer warna. Kumpulan layer tersebut akan membentuk gambar maupun tulisan. Meskipun sudah menggunakan metode screen printing tapi untuk pengoperasiannya, metode ini tetap dilakukan dengan manual.
 

3. Metode Discharge


Metode ini merupakan kombinasi dari screen printing dan DTG digital printing, akan tetapi ia menggunakan cat khusus dengan warna-warna cerahnya. Metode ini menjadikan hasil print seperti menjadi satu kesatuan dengan medianya. Sehingga media terlihat sudah berpola tanpa disablon.
 

4. HTM


Cara Heat Transfer Method (HTM) ini biasanya dilakukan pada media yang berjenis vinyl seperti material yang digunakan dalam pembuatan kaos olahraga. Metode ini menggunakan mesin pres bersuhu tinggi yang dioperasikan dengan tenaga manual maupun komputer.
 

Keunggulan Digital Printing pada Produksi Kain


Keunggulan Digital Printing pada Produksi Kain

Bagi kamu yang tertarik untuk memulai bisnis fashion online, digital printing bisa jadi salah satu inovasi terbaik untukmu. Apalagi jasa printing kain digital ini sangat fleksibel dan juga bisa diaplikasikan menjadi berbagai produk. Beberapa keunggulan ini bisa dinikmati saat menggunakan digital printing.
 

1. Waktu Lebih Efektif


Kamu bisa mengefektifkan waktumu ketika melakukan produksi kain menggunakan teknik digital printing. Pasalnya, ia tidak memerlukan banyak tenaga dan pengaturan sistem komputerisasi yang rumit. Sisa waktumu bisa digunakan untuk hal lain yang lebih membutuhkan perhatianmu.

2. Hasil Rapih


Dengan menerapkan sistem komputerisasi maka desain yang tercetak pada materialmu akan menjadi lebih rapih. Hal ini dikarenakan tingginya tingkat akurasi pada sistem komputerisasi yang digunakan. Pada akhirnya hal tersebut akan memberikan hasil akhir yang detail dan presisi.

3. Warna yang Tajam


Produk yang dihasilkan pada kain dengan teknik digital printing akan memberikan warna yang lebih tajam dibandingkan hasil bordiran. Ketajaman warna ini dapat diatur sesuai keinginan melalui pengoperasian pada Personal Computer (PC).

4. Investasi Jangka Panjang


Ketika menggunakan metode ini maka secara otomatis kamu harus memiliki mesinnya. Nah, mesin tersebut bisa kamu jadikan investasi jangka panjangmu. Harganya yang mahal tidak akan merugikanmu ketika kamu mampu mengoptimalkan manfaatnya untuk bisnismu.

Rekomendasi Jasa Printing Kain Digital


Rekomendasi Jasa Printing Kain Digital

Dari pembahasan sebelumnya tentu kamu sudah memiliki gambaran mengenai digital printing. Kamu tidak perlu khawatir akan mahalnya harga mesin ini. Meskipun harganya mahal, namun mimpimu untuk memiliki bisnis fashion online bisa tetap terlaksana.

Bagaimana mungkin bisa terlaksana jika tidak bisa membeli alatnya? Mungkin pertanyaan ini akan melemahkan semangatmu. Tapi tenang, dengan menggunakan jasa printing kain digital maka mimpimu untuk memiliki bisnis fashion dapat terus berjalan tanpa harus memiliki peralatannya.

Berapapun dana yang kamu miliki saat ini bisa kamu gunakan untuk memulai bisnis tersebut dengan berkolaborasi bersama jasa printing kain digital. Salah satu jasa kain digital yang bisa kamu gunakan yaitu inouiprint.com.

Jika modal yang kamu miliki masih sedikit pun mereka tetap akan melayanimu. Pasalnya, untuk bisa melakukan kerjasama, kamu hanya perlu memenuhi minimum order 10 meter saja. Mereka juga tetap akan melayanimu baik untuk skala kecil maupun besar.

Kamu bisa memilih jenis kain mana yang akan digunakan dan produk apa yang ingin dihasilkan. Inouiprint.com akan membantumu untuk mewujudkan bisnis fashion online-mu. Inouiprint.com menyediakan 12 pilihan jenis kain, jadi kamu bisa lebih berkreasi dengan kain-kain tersebut.

Jika kamu hanya memiliki modal tapi tidak mengetahui strategi marketing, maka jasa printing kain digital ini akan memberikannya untukmu. Kamu bisa dapatkan harga dan approval sample di Inoui Print serta dapatkan strategi marketing fashion online gratis dengan cara berkolaborasi bersamanya.

Posting Komentar

Halaman

Copyright © 2021

Teknologi Gue Nih