Mau Investasi Crypto, Lakukan 5 Hal ini Sebelum Berinvestasi

Investasi crypto saat ini menjadi hal yang sangat diidamkan oleh banyak orang, terutama bagi mereka yang suka di dunia investasi dan bagaimana mengolah keuangan untuk masa depan. Tak heran jika bermunculan investor baru dimana-mana. Mulai dari yang hanya ingin tahu, sampai akhirnya menekuninya dengan serius.

Sebagaimana investasi pada umumnya, investasi crypto juga memiliki resiko yang tidak kecil. Keuntungan yang dijanjikan bisa sangat besar. Namun jika tidak paham bagaimana menjalankannya, kerugian besar pun bisa saja dialami.

Perkembangan Investasi Crypto di Dunia


Investasi crypto adalah invetasi yang menggunakan mata uang digital sebagai alat transaksinya. Mata uang digital ini yang kemudian disebut dengan asset kripto. 

Bentuknya tidak ada di dunia nyata dan hanya ada di dunia maya. Meskipun begitu, mata uang digital ini bisa digunakan untuk berbagai macam transaksi digital yang ada.

Mata uang kripto memang belum diperlakukan di Indonesia, namun investor kripto sudah banyak yang berasal dari Indonesia. Hal ini dikarenakan mata uang kripto ternyata bisa ditukarkan dengan nilai rupiah berdasarkan nilai mata uang yang sedang berjalan.

Kemudahan transaksi online menggunakan mata uang kripto inilah yang membuat investor tertarik untuk ikut investasi crypto. Jika ditinjau dari peminat kripto di seluruh dunia, jumlahnya sudah mencapai 75 juta orang.

Jerry Sambuaga, Wakil Menteri Perdagangan RI mengungkapkan fakta bahwa perdagangan asset kripto dalam beberapa tahun belakangan ini sudah mencapai Rp 1,7 trilliun rupiah per hari atau sejumlah 10 % dari nilai transaksi yang terjadi di Bursa Efek Indonesia.

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Investasi Crypto


Mau Investasi Crypto, Lakukan 5 Hal ini Sebelum Berinvestasi

Investasi crypto memang menjanjikan keuntungan yang berlipat-lipat dan sangat menjanjikan. Namun kerugian yang terbayang di depan mata pun sama besarnya dengan keuntungan yang diharapkan. Sehingga perlu stratgei jitu untuk bisa berhasil melakukan transaksi kripto.

Karenanya pastikan Anda memperhatikan beberapa hal berikut ini sebelum memutuskan untuk ikut investasi kripto. Beberapa hal tersebut yaitu :

1. Pahami Mekanismen Investasi Crypto


Sebelum memutuskan untuk investasi crypto, penting bagi pemula untuk melakukan riset terlebih dulu. Mengetahui istilah penting di dalam cryptocurrency dan mempelajari cara jual beli crypto menjadl hal yang harus dikuasai agar dapat mengatur strategi yang tepat dalam berinvestasi.

Penguasan terhadap mekanisme invetasi crypto ini sangat penting untuk menghindari kerugian. Perlu diketahui juga bahwa ada biaya layanan setiap kali melakukan transaksi. Biaya layanan ini jumlahnya berbeda tergantung dari crypto investment platform yang digunakan untuk bertransaksi.

Selisih harga jual dan beli juga harus diperhatikan oleh pengguna. Setelah memahami semuanya, barulah investor siap untuk melakukan investasi crypto. Jika belum, tahan dulu dan pelajari lebih lanjut.

2. Ketahui Jenis Aset Crypto yang Ingin Dibeli


Jenis mata uang digital atau asset crypto yang digunakan dalam investasi crypto sangatlah beragam. Ada Bitcoin, Ethereum, Binance Coin, Tether, Dogecoin dan masih banyak lagi. Pada November 2021 kemaren saja muncul mata uang crypto Squid game seiring gemparnya film Squid game dari Korea.

Harga mata uang Squid game saat itu melonjak tinggi sekali hingga mencapai Rp 40 juta per koin. Namun lonjakan harga itu rupanya berlangsung sebentar saja. Karena 15 menit kemudian, harganya jatuh sampai tak terkendali.

Sebagai pemain baru di investasi crypto, pengguna harus bisa memilih dengan baik jenis mata uang digital yang akan digunakan untuk transaksi. Sampai saat ini, mata uang digital yang nilainya stabil adalah Bitcoin.

Permintaan terhadap Bitcoin masih tinggi. Apalagi beberapa transaksi online crypto hanya mengijinkan Bitcoin sebagai alat pembayaran digital dalam investasi crypto. Karenanya investasi Bitcoin sangatlah tepat untuk menghindari kerugian yang berarti.

3. Pahami Bahwa Nilai Aset Crypto Sangat Fluktuatif


Nilai mata uang kripto memiliki fluktuatif yang tinggi. Artinya nilainya bisa sangat tinggi. Namun sesaat kemudian bisa sangat jatuh. 

Hal ini bisa saja karena demam tertentu terhadap mata uang kripto yang baru. Contohnya mata uang kripto Squid game. Melonjak tinggi dalam beberapa saat, dan langsung jatuh terjun bebas nilainya dalam hitungan menit.

Investasi Bitcoin masih mengantongi minat yang tinggi dibandingkan dengan mata uang kripto yang lain. Fluktuatifnya memang kadang naik turun dengan tinggi seperti mata uang digital yang lain. 

Namun permintaan yang tetap besar terhadap mata uang Bitcoin membuat mata uang yang pertama kali muncul ini bisa kembali naik lagi nilainya.

Investasi Bitcoin dapat dilakukan di Bitcoin Investment platform yang terpercaya, dimana nilai fluktuatif Bitcoin tergambar dengan transparan, sehingga tetap menjadi incaran banyak investor kripto.

4. Gunakan Uang Dingin Untuk Investasi Crypto


Uang dingin adalah uang tabungan yang menganggur. Biasanya uang dingin disimpan saja untuk keperluan yang tidak mendesak.

Keberadaannya pun tidak mempengaruhi finansial pengguna untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Berbeda dengan uang panas yang memang ditujukan untuk pemenuhan kebutuhan sehari-hari, seperti makan, transportasi, uang sekolah, dan lain-lain.

Menggunakan uang dingin akan membuat finansial pengguna lebih terjaga. Jika terjadi kerugian pun, tidak akan membuat keuangan terganggu. Hindari juga berhutang karena akan membuat keuangan makin tidak sehat.

Tidak perlu memulai investasi dengan modal besar. Mulai saja dari modal kecil untuk menguji kemampuan berinvestasi. Ingat juga untuk memahami invetasi crypto sebelum benar-benar terjun di dalamnya agar mendapatkan keuntungan seperti yang diharapkan.

5. Pilih Crypto Investmen Platform yang Legal


Memilih crypto investment platform untuk memulai investasi crypto haruslah yang legal dan berada di bawah lindungan hukum yang berlaku. Hindari memilih platform investasi yang tak berbadan hukum karena akan membawa kerugian.

Tokenomy adalah crypto investment platform legal yang terpercaya dan berada di bawah pengawasan bappebti. Pemiliknya adalah perusahaan Tennet Technologies Inc yang terdaftar di Labuan, Malaysia. Sebagai broker finansial resmi, Tokenomy dilindungi oleh hukum Labuan Financial Service and Security Act 2020 (LFSSA).

Sistem keamanan yang ada diperkuat dengan metode Know Your Customer (KYC) yang handal dan juga peraturan Anti Pencucian Uang dan Pencegahan Pendanaan Terorisme (APU-PPT). Transaksi crypto di Tokenomy, aman dan nyaman.

Posting Komentar

Halaman

Copyright © 2021

Teknologi Gue Nih