Buku Warung Pentingnya Pembukuan Bagi Bisnis Kamu

Pada sebuah bisnis rumahan terkadang bisa mengalami keuntungan, namun juga bisa mengalami kerugian. Dengan mencatat pembukuan sederhana, kamu bisa menganalisis apakah usaha kamu sedang mengalami peningkatan atau penurunan. 

Jika usaha kamu sedang menunjukkan peningkatan, kamu harus terus mempertahankan posisi ini dan bagaimana cara supaya usaha kamu terus meningkat. 

Buku Warung Pentingnya Pembukuan Bagi Bisnis Kamu

Jika usaha kamu mengalami penurunan, coba analisis penyebab dan buatlah rencana strategi untuk mencegah penurunan yang lebih drastis lagi dengan pembukuan usaha dagang.

Mengatur biaya


Dengan membuat pembukuan, kamu bisa mengetahui jumlah biaya yang dikeluarkan dan tujuan dari biaya tersebut dikeluarkan. Misalnya, usaha kamu sedang mengalami kerugian, kamu juga harus analisis apakah biaya yang kamu keluarkan terlalu besar dan biaya apa yang bisa dihemat untuk menjaga agar usaha kamu tetap untung.
 

Mengetahui aset


Dengan mencatat inventaris, kamu bisa mengetahui jumlah aset yang dimiliki oleh perusahaan kamu.
 

Meminimalisir risiko


Dengan pembukuan sederhana, kamu juga bisa merencanakan tindakan preventif atau tindakan solutif ketika nilai dari pembukuan menunjukkan hasil analisis yang kurang baik. Dengan pembukuan, bukan berarti risiko bisnis kamu hilang, namun bisa diminimalisir.

Tidak hanya pembukuan, kamu juga harus memahami bagaimana menganalisis pembukuan kamu dengan benar. Berikut adalah penjelasan singkat agar kamu bisa memahami cara menganalisis pembukuan kamu.

1. Analisis Kekayaan

Untuk mengetahui kekayaan sebuah usaha, terdapat beberapa indikator yang harus dilihat. Indikator-indikator tersebut adalah :

● Ketersediaan uang kas dapat memenuhi biaya operasional

● Ketersediaan uang kas cukup untuk membayar kewajiban seperti utang

● Bahan baku tersedia untuk keperluan barang dagang

● Peralatan dan perlengkapan cukup untuk keperluan produksi dan operasional usaha

● Analisis Keuntungan dan Kerugian

Untuk menganalisis apakah sebuah usaha mengalami kerugian atau keuntungan. Berikut adalah hal yang harus diperhatikan :

2. Analisis Keuntungan dan Kerugian

Jika perusahaan mengalami kerugian, kamu harus mencari tahu penyebabnya, Apakah biaya operasional terlalu berlebihan sehingga menjadi rugi, atau target penjualan kamu kurang, Apakah semua biaya yang dikeluarkan dapat benar-benar menunjang kegiatan usaha atau tidak.

Buku warung merupakan sebuah aplikasi yang didesain khusus untuk memudahkan kinerja Anda dalam manajemen keuangan dan pengeluaran. Aplikasi ini efektif dalam meningkatkan efisiensi pekerjaan. Selain itu, fitur pendukungnya pun cukup lengkap.

So, tunggu apa lagi? Yuk, gunakan buku warung dan permudah cara Anda dalam mengelola keuangan usaha rumahan anda sekarang juga!

Posting Komentar

Halaman

Copyright © 2021

Teknologi Gue Nih