Mengapa Software ERP Diperlukan Untuk Perusahaan Manufaktur

Perkembangan dunia perekonomian saat ini sedang menggeliat kembali. Setelah sempat terpuruk akibat pandemi, perlahan namun pasti banyak juga perusahaan yang mulai berbenah diri. Salah satunya adalah industri manufaktur.

Peningkatan produksi kembali dijalankan. Begitu juga omzet yang perlahan naik. Fakta ini tentu saja menjadi kabar gembira bagi sebagian besar pelaku usaha. Mengingat sudah 17 bulan terakhir sejak pandemi, mengalami mati suri.

Bangun setelah sempat jatuh terkadang memang sulit. Apalagi ketika diperlukan pembaruan di sana-sini. Inilah saatnya bantuan diperlukan. Bangkit perlahan dengan system yang mempermudah pekerjaan.

Keberadaan Perusahaan Manufaktur di Tengah Perekonomian Indonesia


Perusahaan manufaktur punya andil besar dalam pembenahan perekonomian di Indonesia. Namun kenyataannya tidak sedikit dari kita yang belum memahami apa itu perusahaan manufaktur.

Secara teori, perusahaan manufaktur adalah perusahaan yang bergerak di bidang perakitan bahan baku, lalu mengubahnya menjadi sebuah produk yang dibutuhkan masyarakat. Contohnya adalah pabrik-pabirk pengolahan bahan, seperti pabrik pembuatan sabun, pengemasan sampul produk, dan lain-lain.

Seperti yang kita tahu, bahwa pandemi membawa perubahan besar pada sebagian besar pabrik di Indonesia. Seperti pemutusan hubungan kerja besar-besaran, penghentian produksi sampai usaha gulung tikar. Hal ini tentu saja membawa dampak buruk bagi perekonomian secara global.

Mengapa Software ERP Diperlukan Untuk Perusahaan Manufaktur

Kabar gembiranya, keterpurukan industri manufaktur akhirnya mulai berkurang. Perlahan, satu demi satu perusahaan manufaktur mulai bangkit. Data dari HIS Market menyebutkan bahwa Purchasing Managers’ Index (PMI) Manufaktur di Indonesia pada bulan April 2021 sudah berada di level 54,6 dari 53,2 pada bulan Maretnya.

Sementara itu Kementerian Perindustrian membeberkan angka 19,87% untuk Product Domestic Bruto (PDB) yang dihasilkan oleh perusahaan manufaktur di Indonesia, terutama pada triwulan kedua pada tahun 2020. Angka ini tentu saja mempengaruhi tingkat penyerapan tenaga kerja dan pemerataan industri manufaktur yang ada di beberapa daerah.

Peningkatan performa perusahaan ini tentu saja membawa kegembiraan tersendiri bagi pelaku usaha dan masyarakat. Sekaligus kebingungan, karena nyatanya tidak semua perusahaan manufaktur siap dengan peningkatan kebutuhan yang terjadi.

Butuh strategi yang tepat agar mampu berdaya saing dan meningkatkan performa perusahaan. Saatnya perusahaan manufaktur butuh bantuan software ERP Manufaktur.

Apa itu Software ERP Manufaktur ?


ERP adalah singkatan dari Enterprise Resource Planning. Dengan kata lain, Software ERP adalah sebuah sistem yang dirancang sedemikian rupa untuk perusahaan manufaktur atau jasa yang memiliki peran mengintegrasikan dan mengotimatisasi seluruh proses pada industri tersebut.

Tentu saja, dengan adanya Software ERP ini akan membantu pemulihan industri di Indonesia, karena dapat memangkas waktu operasional. Berikut ini manfaat yang akan dirasakan saat menggunakan Software ERP Manufaktur Terbaik :

1. Penyimpanan Data dengan Lebih Aman


Penyimpanan data perusahaan di kertas secara manual, sangatlah tidak aman. Selain kondisi kertas yang mudah rusak, cara ini juga terlihat kurang efisien. Selain kertas, penyimpanan data dari harddisk juga kurang aman, karena bisa hilang dan berpindah tangan kepada siapapun.

Sistem ERP manufaktur dengan cloud system membantu penyimpanan data dengan cara komputerisasi. Sehingga aman dan bisa diakses di mana saja. Kemungkinan data hilang juga minim, karena sudah terdapat pengaturan keamanannya tersendiri. Jadi lebih aman dan praktis.

2. Pengelolaan Inventaris Keseluruhan


Inventaris perusahaan tentu sangat penting untuk dijaga, karena bisa dikatakan sebagai nyawanya perusahaan. Stok barang dan segala inventaris perusahaan ini tentu saja harus dijaga dan dirawat dengan baik. Pengecekan secara berkala perlu dilakukan.

Sistem ERP manufaktur pergudangan terbaik jelas memberikan kemudahan dalam hal pengecekan stok barang, memantaunya dari jarak jauh, dimana saja dan kapan saja. Lebih praktis bukan?

3. Menyediakan Laporan dengan Lengkap dan Akurat


Salah satu keunggulan software ERP adalah mampu menyediakan laporan dengan lengkap dan akurat. Prosesnya pun cepat hanya hitungan detik, namun tergantung dari banyak data yang ada.

Coba bayangkan, jika proses laporan masih dengan cara manual. Pasti makan waktu lama untuk mencari data-datanya. Lain cerita jika memakai sistem ERP, Tinggal atur tanggal yang diinginkan maka laporan akan muncul. Seperti laporan inventory, laporan keluar masuk barang hingga laporan FIFO/FEFO.

Kapan Software Manufaktur ERP diperlukan dalam Perusahaan?


Kapan Software Manufaktur ERP diperlukan dalam Perusahaan?

Perusahaan tentunya akan terus berusaha menjaga performanya. Software manufaktur ERP adalah solusi dari masalah yang dihadapi perusahaan. Terutama ketika sebuah perusahaan sudah mengalami beberapa hal seperti berikut ini :

1. Karyawan kelelahan bekerja secara manual


Masih menggunakan rekapan data secara manual? Kalau jumlah data terlalu banyak, tentu saja akan membuat karyawan kelelahan dan sangat tidak efisien. Apalagi saat ini sudah masuk dunia digital yang serba cepat dan canggih. Sistem ERP sangat diperlukan untuk mengolah data secara digital lewat komputer.

2. Akses karyawan lambat


Dalam sebuah project, haruslah ada keputusan yang bisa diambil dengan cepat. Jika sudah standar komputerisasi, dimana semua data sudah serba digital. Tentu saja pemgambilan keputusan bisa dilakukan dengan cepat.

3. Perusahaan sudah memiliki banyak cabang


Perusahaan yang sudah punya cabang, membutuhkan perhatian yang lebih besar. Semuanya bisa mungkin dilakukan jika sudah diakses secara komputerisasi. Sistem software ERP manufaktur pergudangan terbaik sangat diperlukan untuk pengembangan perusahaan yang lebih baik.

4. Aplikasi dalam perusahaan terlalu banyak


Menggunakan terlalu banyak aplikasi itu membuat ribet loh. Apalagi kalau kita sampai lupa akses masuknya. Cukup satu aplikasi saja untuk mempermudah akses masuk dan mengontrol jalannya perusahaan. Software ERP bisa melakukannya dengan lebih baik.
 

Systemever sebagai Software ERP Manufaktur Terbaik


Salah satu Software untuk membantu industri manufaktur di Indonesia yang banyak direkomendasikan adalah Systemever. Sistem Cloud ERP yang dirancang khusus oleh YoungLimWon(永林院) Softlab Co., Ltd untuk perusahaan manufaktur di Indonesia.

Systemever sebagai Software ERP Manufaktur Terbaik

Systemever memberikan ragam pilihan mulai dari fitur Consultan K dan Visual-K. Adapun berdasarkan versi i series yaitu i5 dan i7. 

Versi i5 lebih dirancang untuk UMKM atau bisnis penjualan dan distribusi semacam ritel. Sedangkan untuk versi i7 lebih banyak digunakan perusahaan manufaktur karena seluruh sistem sudah saling terintegrasi.

Mengenal Systemever Versi i7


Systemever versi i7

Systemever versi i7 merupakan software ERP terbaik industri manufaktur pergudangan yang sudah terintegrasi dengan baik dan disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan manufaktur (user). Sistem ini berguna untuk perencanaan produksi dan pemantau performa perusahaan.

Untuk kinerja yang lebih efektif, perusahaan manufaktur harus memiliki Master Production Schedule (MPS) dan Bill of Material (BOM). Gunanya untuk memantau kerja perusahaan dalam jangka pendek dan jangka panjang. Sehingga performa perusahaan dapat ditingkatkan, dengan membenahi kekurangan yang ada dan menonjolkan kelebihannya.

Software ERP Manufaktur memang terbukti sangat diperlukan oleh perusahaan manufaktur. Karena sistemnya yang mudah dioperasikan dan diterapkan dalam perusahaan. Systemever akan membantu banyak kebutuhan perusahaan, sehingga kinerja perusahaan dapat lebih terkontrol dan terarah.

Salah satu perusahaan yang berhasil menerapkan systemever i7 adalah Jung Saem Mool. Brand kecantikan asal Korea Selatan ini, memiliki kebutuhan dasar perusahaan yang sangat kompleks. Sebut saja kesediaan barang, captal flow, proses penjualan, sampai analisa data mengenai karyawan dan kinerjanya dalam perusahaan.

Systemever memberikan kemudahan perusahaan dalam memenuhi kebutuhan perusahaan mulai dari proses produksi hingga pergudangan. Sehingga performa perusahaan dapat terjaga dengan baik. Data perusahaan aman, stok barang terkontrol dan kinerja karyawan dapat dipantau dan terus ditingkatkan. Manajemen perusahaan pun menjadi lebih baik.

Yuk ketahui lebih lanjut mengenai systemever dengan menjadikan systemever sebagai mitra usaha. Langsung join saja di https://systemever.co.id/join-partner/

Posting Komentar

Halaman

Copyright © 2021

Teknologi Gue Nih