Kenali Penyebab HP Sering Mati Sendiri

Sedang asik-asiknya menggunakan hp tiba-tiba mati tanpa alasan, tentu hal ini sangat tidak menyenangkan. Ponsel tiba-tiba mati sendiri tentu indikasi adanya gangguang pada ponsel tersebut, ada banyak faktor yang menjadi penyebab masalah ini.

Kenali Penyebab HP Sering Mati Sendiri

Jika kamu mengalami masalah tersebut, tidak perlu panik dahulu. Kamu bisa lakukan analisa penyebab dan segera melakukan perbaikan, diantaranya:

1. Baterai Rusak


Ini bisa jadi biang masalahnya, dimana baterai mengalami kerusakan sehingga tidak mampu memberikan daya pada ponsel. Tanpa adanya daya tersebut, ponsel tidak akan bisa bekerja sebagaimana mestinya.

Pastikan kamu periksa baterai ponsel terlebih dahulu. Periksa apakah daya baterai habis dan coba lakukan pengisian daya. Jika kamu menemukan kejanggalan pada baterai tersebut, baiknya segera ganti ke service center terdekat.

2. Ruang Penyimpanan Terlalu Penuh


Setiap ponsel memiliki kapasitas ruang penyimpanan yang terbatas. Jika diisi Aplikasi terlelu penuh dapat membuat kinerja ponsel melambat bahkan hang. Untuk itu pastikan kamu masih menyisakan ruang penyimpanan yang cukup untuk ponselmu.

3. Tombol Power Rusak


Bisa jadi ponsel mati sendiri karena adanya kerusakan pada tombol powernya. Ini bisa jadi sangat megganggu dimana kamu menjadi kesulita untuk menghidupkan kembali ponsel yang mati mendadak. Periksa tombol power dengan melepas chasing ataupun karet pelindung chasing, pastikan tidak ada gangguan pada tombol power tersebut.

4. Kerusakan Software


Tidak selalu kerusakan terjadi pada hardware ponsel, terkadang kerusakan pada software pun dapat menyebabkan masalah serius. Kerusakan ini dapat mempengaruhi performa ponsel keseluruhan, seperti daya baterai menjadi cepat terkuras dan akhirnya ponsel pun mati.

5. Penggunaan CPU Terlalu tinggi


Semakin banyak teknologi aplikasi yang berjalan dibelakang layar, akan membuat CPU bekerja lebih keras. Hal ini juga membuat CPU menguras daya baterai ponsel hingga ponsel mati sendiri. Pastikan kamu sudah menonaktifkan aplikasi yang bekerja di belakang layar, terutama aplikasi yang tidak sedang kamu butuhkan.

6. Jadwal Mati Otomatis


Coba diperiksa terlebih dahulu apakah ponsel sedang dalam penjadwalan mati otomatis atau tidak. Terkadang kita memasang jadwal untuk mematikan ponsel secara otomatis, jadi pada saat jadwal yang ditentuka ponsel akan mati dengan sendirinya. Solusinya cukup non-aktifkan saja jadwalnya.

Itulah beberapa alasan yang mungkin menjadi penyebab ponsel mati sendiri. Jika kamu sudah memeriksa dan mencoba cara diatas tapi belum menemukan solusinya, sebaiknya kamu bawa posel ke service center untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Posting Komentar

Halaman

Copyright © 2021

Teknologi Gue Nih