7 Tanda Perusahaan Perlu Berinvestasi pada Sistem Absensi Karyawan

Teknologigue.com - Dari cara tradisional hingga kartu akses modern dan sistem biometrik, melacak jam kerja karyawan telah menjadi proses yang penting. Karyawan diharapkan untuk melacak waktu check in mereka setelah mereka tiba di kantor dan mencatat waktu check-out setelah selesai bekerja. Namun pada kenyataannya, sebagian besar karyawan mengisi timesheet mereka dengan tergesa-gesa, dan tak jarang sebabkan human error.

Dalam skenario terburuk, proses ini hanya terjadi pada hari terakhir dalam seminggu / bulan, tepat sebelum mereka menyerahkan laporan absensi ke HR. Praktik ini yang akhirnya berdampak buruk pada produktivitas karyawan . Mengisi jam kerja hari atau minggu setelah hari kerja sebenarnya hanya menyebabkan ketidakakuratan, salah perhitungan dan sebagainya.

Tanpa sistem manajemen kehadiran karyawan yang andal, perusahaan harus menghadapi masalah kepatuhan, kesalahan penggajian, dan banyak lagi. Mengganti timesheet berbasis kertas dengan sistem absensi karyawan yang sesuai akan membantu perusahaan menghemat waktu, mengurangi pekerjaan administrasi, memelihara catatan kehadiran yang akurat, dan menghilangkan kemacetan proses.

Apa itu Sistem Absensi Karyawan?


Apa itu Sistem Absensi Karyawan

Sistem absensi karyawan adalah proses mencegah pencurian waktu karyawan dengan melacak jam kerja seperti waktu login, keberangkatan, istirahat, dan waktu pulang. Perusahaan menggunakan sejumlah metode, dari kartu modern dan spreadsheet hingga sistem manajemen kehadiran otomatis dan perangkat biometrik untuk mengelola kehadiran karyawan.

7 Tanda Perusahaan Anda Butuh Sistem Absensi Karyawan


Setiap perusahaan perlu melacak bagaimana karyawan mereka menghabiskan waktu kerja, terutama ketika mereka bekerja dengan klien dan menawarkan layanan dengan tarif per jam. Manajemen kehadiran diperlukan tidak hanya untuk menagih klien dengan benar tetapi juga untuk mengurangi waktu yang dihabiskan oleh manajer SDM dan bagian keuangan untuk kegiatan administrasi dan pembayaran karyawan.

Untuk mencegah situasi buruknya sistem absensi karyawan, perusahaan harus menemukan beberapa tanda yang menunjukkan bahwa sistem manajemen kehadiran saat ini sudahi tidak lagi berfungsi. Beberapa diantaranya yaitu:

  1. Tidak ada transparansi dalam proses manajemen kehadiran.
  2. Sistem kehadiran membuat karyawan menggunakan pelacakan manual.
  3. Karyawan atau siapa pun dapat mengubah data absensi dengan mudah.
  4. Sistem kehadiran tidak memiliki beberapa fungsi penting seperti persetujuan multi-level, akses mobile, dan integrasi biometrik.
  5. Perusahaan tidak memiliki cara untuk mencegah risiko kepatuhan seperti meminta teman kerja mengisi absensi padahal terlambat datang bekerja.
  6. Tidak ada cukup informasi untuk membuat keputusan bisnis yang tepat
  7. Memiliki jadwal yang merugikan karyawan karena tidak terbagi dengan rata.

Talenta, Sistem Absensi Karyawan Terbaik di Indonesia

Talenta, Sistem Absensi Karyawan Terbaik di Indonesia

Talenta sebagai sistem absensi karyawan terbaik di Indonesia memiliki fitur yang lengkap untuk keperluan manjemen SDM. Tak sekedar absensi sehari-hari, Talenta pun memiliki fungsi manajemen lembur, manajemen cuti, dan laporan secara real-time.

Talenta memenuhi kebutuhan perusahaan maupun karyawan selama work from home atau work from office secara realtime, Seperti pengaturan jam kerja, pelacakan kehadiran, perhitungan cuti dan lembur, hingga perhitungan penggajian berdasarkan data absensi yang telah disediakan.

Bahkan, akses aplikasi pun dapat melalui android mobile sehingga dapat dipantau lokasi karyawan dengan adanya GPS. Tak luput pula selfie yang bantu pastikan bahwa karyawan benar-benar mulai bekerja. Tak perlu lagi fingerprint apalagi google sheet, data absensi sehari-hari sudah dihiitung secara akurat.

Termasuk jika perusahaan menggunakan sistem jadwal kerja shift, Talenta dapat membantu perusahaan menyusun roster secara otomatis sehingga jadwal setiap karyawan terbagi dengan rata. Begitu pula dengan karyawan shift yang mengajukan izin, tak perlu takut tak ada yang bekerja, Talenta dapat membuat karyawan bertukar shift sesuai dengan kebutuhan. Namun tetap, dengan persetujuan dari seorang manajer atau atasan.

Dikarenakan segala proses yang dilakukan secara online baik dari mobile maupun dari web, Talenta membuat segala laporan sudah terotomatisasi. Sehingga segala perhitungan gaji pun sudah langsung disiapkan oleh Talenta. Karyawan juga dapat mengajukan koreksi absensi atau cuti, dan tinggal disetujui.

Siapkah perusahaan Anda? Segera download aplikasi attendance management Talenta dan coba demo gratisnya. Bahkan, langsung konsultasi melalui sesi demo online bersama Talenta. Sistem absensi karyawan terbaik sudah ada dalam genggaman.

Posting Komentar

Halaman

Copyright © 2021

Teknologi Gue Nih