Panduan Lengkap Mengobati Luka Bakar Akibat Knalpot

Luka bakar akibat knalpot adalah salah satu jenis luka yang sering kali dialami masyarakat Indonesia. Pengobatan terhadap luka bakar seperti ini harus tepat agar tidak menyakiti penderitanya dan meminimalisir bekas luka knalpot yang akan timbul.

Persatuan Ahli Farmasi Indonesia Sukamara memberikan informasi menarik mengenai cara menangani luka bakar tersebut. Cara pengobatannya bisa dilakukan secara alami sehingga penderita bisa langsung mendapatkan penanganan dengan segera.

Tutorial Cara Mengobati Luka Bakar Kena Knalpot Secara Alami


Panduan Lengkap Mengobati Luka Bakar Akibat Knalpot

Sebagian besar dari Anda pasti langsung terpikir menggunakan pasta gigi karena ada efek ‘dingin’ ketika digunakan. Namun tahukah Anda bahwa itu bukan termasuk cara mengobati luka kena knalpot yang tepat? Langkah ini justru berpotensi memperparah luka.

Nah, berikut ini adalah cara mengobati luka terkena knalpot secara alami dan tepat.

Tindakan Pencegahan Perluasan Panas


Langkah pertama yang perlu dilakukan ketika mendapati luka bakar karena knalpot adalah mengaliri luka tersebut dengan air suhu normal. Proses ini dilakukan selama 15 hingga 30 menit untuk mencegah luka bakar meluas dan menetralisir panasnya.

Tindakan ini membantu mengurangi rasa sakit akibat luka bakar. Selanjutnya, lakukan pembersihan dengan antiseptik agar kuman-kuman yang menempel mati dan tidak menyebabkan luka makin parah serta pencegahan infeksi.

Tindakan Aplikasi Salep Luka Bakar


Persatuan Ahli Farmasi Indonesia Sukamara menyarankan menggunakan salep luka bakar yang berbahan alami. Bahan-bahan alami seperti rimpang Coptidis, akar scutellariae, minyak wijen, dan batang Phellodendri sangat bagus untuk mengobati luka bakar.

Penggunaan salep ini sangat praktis dan mudah sehingga tidak akan menyulitkan penderitanya. Selain itu, salep-salep ini sangat mudah ditemukan di apotek di seluruh Indonesia.

Barulah ketika luka bakar sudah membaik bisa menggunakan obat luka bakar alami untuk menghilangkan bekasnya atau untuk perawatan lebih lanjut. Hal ini bisa membantu meminimalisir terjadinya infeksi akibat salah guna obat alami di luka bakar baru.

Kunjungi https://pafisukamara.org/ untuk mendapatkan informasi terkait bahan-bahan alami untuk menangani luka bakar karena knalpot.

Tindakan Perlindungan Luka Bakar


Bagian luka bakar karena knalpot ini pasti sangat tidak nyaman dan mengganggu aktivitas sehari-hari. Anda harus ekstra hati-hati agar tidak menyenggol atau menggesek secara tak sengaja terhadap luka tersebut.

Bukan hanya menimbulkan rasa sakit yang luar biasa, luka tersebut akan makin lama sembuhnya. Oleh karena itu, Anda harus melakukan tindakan perlindungan terhadap luka bakarnya.

Banyak yang menganggap bahwa membiarkan luka bakar terbuka bisa membantu meningkatkan kecepatan pengeringan luka. Hal ini ada benarnya karena kondisi basah atau lembab pada luka justru akan memperlambat penyembuhannya.

Anda bisa membalut luka bakar menggunakan kasa steril secara longgar. Sehingga, luka bisa cepat kering dan tidak berisiko terkena gesekan baju atau hal lainnya.
 

Tindakan Penghilangan Bekas Luka Bakar


Setelah luka tertutup sempurna hal yang selanjutnya harus dipikirkan adalah cara menghilangkan bekas knalpot. Bekas luka bakar di kulit tentu tidak elok dan bisa merusak penampilan khususnya bagi kaum hawa.

Anda bisa menggunakan krim dengan kandungan arbutin, asam glikolat, vitamin C atau E, retinol, dan asam salisilat.

Demikianlah informasi penting mengenai cara pengobatan terhadap luka bakar akibat knalpot. Kunjungi https://pafisukamara.org/ untuk dapatkan informasi menarik terkait kesehatan atau farmasi lainnya.

Posting Komentar

Halaman

Copyright © 2021

Teknologi Gue Nih