Cara Memeriksa Riwayat Router Dan Aktivitas Internet Anda

Cara Memeriksa Riwayat Router Dan Aktivitas Internet Anda - Untuk memastikan anak Anda aman saat online, Anda mungkin ingin memantau aktivitas internet mereka. Berikut adalah cara mengakses dan melacak riwayat router. Tidak ada cara langsung untuk mengakses riwayat pencarian seseorang, bahkan jika mereka terhubung ke router rumah Anda.

Namun, Anda dapat mengatur router Anda untuk mencatat riwayat browser pengguna. Tapi ingat: mengumpulkan data seperti riwayat penjelajahan Aktivitas Internet orang lain adalah pelanggaran privasi mereka dan ilegal kecuali jika menyangkut Anda atau anak Anda.

Apa Itu Router?

Cara Memeriksa Riwayat Router Dan Aktivitas Internet Anda

Perangkat jaringan rumah, biasanya disebut router, adalah perangkat keras jaringan yang memungkinkan komunikasi antara komputer pribadi Anda dan perangkat yang terhubung dan internet. Router yang digunakan di rumah dan jaringan kecil lebih tepat disebut gateway perumahan.

Router adalah garis keamanan pertama dari intrusi ke dalam jaringan.Mengaktifkan tingkat keamanan tertinggi pada router akan mengaktifkan hal-hal seperti firewall. Oleh karena itu, router adalah cara terbaik untuk menjaga sistem komputer dan informasi Anda aman dari serangan.

Keuntungan Pelacakan Router:

Ada perangkat lunak pihak ketiga yang menggunakan kontrol orang tua untuk melacak aktivitas penelusuran Anda atau anak Anda. Namun, solusi kontrol orang tua yang sangat mudah dapat ditemukan dengan pencarian Google yang sederhana. Tetapi memantau aktivitas pengguna melalui router Anda adalah metode yang lebih bijaksana untuk mencapai hal ini, serta lebih sulit untuk dihapus.

Cara Mengakses Pengaturan Router:

Anda harus bisa masuk ke halaman pengaturan router Anda dan mengetahui alamat IP Anda untuk mengakses pengaturan router Anda.

· Untuk mengetahui alamat IP Anda, buka Run dan ketik CMD. Klik Oke.

· Ketik IPCONFIG /ALL. Biarkan Command Prompt menjalankan perintah.

· Sekarang gulir ke bawah hasilnya ke Default Gateway.

Cara Melihat Aktivitas Pengguna:

Sebagian besar router memiliki fitur yang disebut Log, yang mencantumkan semua alamat IP yang terhubung ke router Anda. Log juga tempat semua aktivitas penelusuran internet disimpan. Sebelum Anda memeriksa log, Anda harus mengetahui alamat IP perangkat target. Navigasikan ke Perangkat Terlampir, meskipun fitur ini mungkin menggunakan nama yang berbeda di perangkat Anda.

Jika ragu, cari halaman yang menampilkan semua alamat IP perangkat yang terhubung. Setelah Anda menyadari mana yang menjadi target Anda, buatlah daftarnya, karena Anda akan merujuknya nanti. Sekarang, klik Log untuk menampilkan semua situs yang dikunjungi saat terhubung ke router Anda. Anda akan disajikan daftar domain atau IP tujuan beserta alamat IP pengguna. Anda sekarang dapat menggunakan alamat IP target Anda untuk melacak aktivitas internet mereka.

Fungsi Router

· Menghubungkan Jaringan

Fungsi router yang pertama adalah sebagai penghubung jaringan. Seperti yang sudah dijelaskan bahwa router memiliki fungsi untuk menghubungkan beberapa jaringan sehingga si pemakai dapat mengirimkan paket data dari suatu jaringan ke jaringan lainnya. Proses koneksi bekerja dengan cara mendistribusikan IP address kepada setiap komputer dalam jaringan, baik secara statis ataupun dengan DHCP (Dynamic Host Configuration Procotol).

· Mentransmisikan Informasi

Fungsi router yang kedua adalah untuk mentransmisikan informasi. Fungsi lain router adalah untuk mentransmisikan informasi atau data dari suatu jaringan menuju jaringan yang lain dimana sistem kerjanya mirip seperti jembatan jaringan atau Bridge.

· Menghubungkan Jaringan ke DSL

Fungsi router yang ketiga adalah untuk menghubungkan suatu jaringan lokal dengan koneksi DSL (Digital subscriber line) atau yang lebih dikenal dengan DSL router. Teknologi router saat ini sudah lebih canggih, di mana penggunaannya tidak hanya menggunakan sambungan kabel LAN, tapi juga dengan menggunakan teknologi wireless. Demikianlah Artikel yang saya tulis tentangCara Memeriksa Riwayat Router dan Aktivitas Internet Andasemoga bermanfaat, terimakasih.

Posting Komentar

Halaman

Copyright © 2021

Teknologi Gue Nih